Berita

Short Diplomatic Practice (SDP) dan IHI Day 2019: Jajaki Kerjasama Hingga Pengabdian Kepada Masyarakat

BANDUNG, UNIKOM- Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) Unikom  bertandang ke Malaysia dalam rangka Short Diplomatic Practice (SDP) 2019 mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Senin (29/4/2019). Kegiatan yang mengikutsertakan 47 mahasiswa semester VI dan VII dari Prodi IHI Unikom secara langsung diterima oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, Mokhammad Farid Maruf, Ph.D.

Kunjungan ke KBRI Kuala Lumpur yang juga dihadiri Ketua Prodi IHI Unikom, Dr. Dewi Tri Wahyuni, S.IP.,M.Si serta jajaran dosen Prodi IHI Unikom, beragendakan kuliah umum dengan tema ‘Hubungan Bilateral Indonesia dan Malaysia’. Memanfaatkan kesempatan tersebut, Prodi IHI Unikom melakukan realisasi kerjasama dengan KBRI Kuala Lumpur berkenaan dimulai dengan program magang mahasiswa.

Menurut Sylvia Octa Putri, S.IP.,M.I.Pol. selaku Ketua Pelaksana, kegiatan SDP sebagai agenda rutin Prodi IHI Unikom merupakan Studi Ekskursi Internasional guna pengembangan soft skill mahasiswa Prodi IHI Unikom dalam pengembangan praktik diplomasi dan politik luar negeri serta international experiences. Terlebih kegiatan ini juga memiliki keterkaitan dengan salah satu mata kuliah yang diajarkan kepada mahasiswa yakni “Diplomasi dan Analisis Politik Luar Negeri”.

Selain KBRI Kuala Lumpur, Prodi IHI Unikom juga bertandang ke University of Malaya (UM), Malaysia, pada Selasa (30/4/2019). Kunjungannya ke universitas terbaik di Malaysia yang menduduki peringkat 85 QS Global World Ranking disambut baik oleh Department of International and Strategic Studies UM yang dihadiri Dr. Roy Anthony Rogers selaku Head of Department of International and Strategic Studies, dan Dr. Khoo Ying Hooi, sebagai Senior Lecturer of Department of International and Strategic Studies.

Melalui kesempatan tersebut, jajaran pimpinan dan dosen dari masing-masing institusi melakukan pembahasan mengenai prospek kerjasama, sementara para mahasiswa terlibat aktif dalam student discussion bertemakan “Indonesia-Malaysia dan ASEAN”. Sylvia menambahkan, “…kunjungan kami ke UM menjadi proses penjajakan kerjasama mengenai berbagai aspek seperti exchange student, credit transfer, joint research collaboration serta sharing curriculum mata kuliah di Unikom maupun UM, sedangkan mahasiswa kami mengikuti kegiatan diskusi bersama mahasiswa HI di UM juga campus tour sehingga mahasiswa kami mendapat pengalaman belajar dan merasakan academic ambiance di UM, sebagai salah satu universitas terbaik di Asia dan dunia,” tambahnya.

Melengkapi rangkaian SDP 2019, Prodi IHI Unikom melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. “…pengabdian yang kami lakukan dalam bentuk pemberian sumbangan buku bagi masyarakat dan komunitas Indonesia serta Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tengah bekerja di negeri jiran, hal ini dilakukan sebagai momentum peraayaan IHI Day 2019 sekaligus gathering Civitas Akademika IHI Unikom,” pungkas Sylvia. (Direktorat Hms & Pro)