BERITA

Semarak IF Festival 2.0, Dari Bazzar Hingga Seminar Nasional

Kamis, 19 Juli 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMIF) Unikom kembali mengadakan IF Festival 2.0 selama hampir satu minggu sejak 10-14 Juli 2018. Kegiatan kali kedua yang digagas HMIF Unikom, kali ini mengusung tema “Midtown Informatics” yang  secara resmi dibuka oleh Ketua Program Studi Teknik Informatika Unikom, Irawan Afrianto, S.T.,M.T di Lapangan Parkir Kampus Dago Unikom.

Gelaran IF Festival 2.0 menyuguhkan sejumlah rangkaian kegiatan menarik yang terbuka untuk umum, diantaranya bazzar, kompetisi kesenian, dan kontes IT untuk mahasiswa internal Prodi Teknik Informatika Unikom serta pelajar SMA/SMK sederajat se-Jawa Barat. Menurut Daniar Nur Amin selaku Ketua Pelaksana, hal yang membedakan IF Festival tahun ini dengan tahun sebelumnya terletak pada penambahan konten kegiatan.

“Jika tahun sebelumnya tidak ada kompetisi kesenian, tahun ini kami menambahkan agenda tersebut sehingga diharpakan IF Festival bisa semakin meriah, bahkan kontes IT yang sebelumnya diperuntukkan siswa/I SMA/SMK saja, tahun ini kami juga ajak mahasiswa internal Prodi Teknik Informatika Unikom untuk berpartisipasi guna menggali potensi mereka,” tutur Daniar.

Mengenai Kontes IT sendiri, IF Festival 2.0 membaginya dalam dua kategori, diantaranya Mobile Application dengan tema “Idea Apps for Supporting Smart City” dan Web Design bertajuk “Web Accessibility for Smart City Using”. Kontes tersebut digelar di Kampus Dago 6 Unikom yang diikuti 10 tim dari mahasiswa Prodi Teknik Informatika Unikom dan dinilai langsung oleh para juri kompeten yakni: Adam Mucharil Bachtiar, S.Kom.,M.T (Ketua Divisi CodeLabs Unikom), Hendri Karisma (Bagian S.R Research and Development Engineering Blibli. com), Angga Setiyadi, S.Kom.,M/Kom (Dosen Teknik Informatika) dan Yoga Tri Nugroho (UX Designer Tokopedia).

Daniar menambahkan, terselenggaranya IF Festival 2.0 bukan hanya untuk menggali potensi internal mahasiswa tetapi juga memperkenalkan Prodi Teknik Informatika Unikom ke khalayak luas serta sarana hiburan khususnya bagi mahasiswa Unikom yang tidak lama lagi akan menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS). Guna memeriahkan kegiatan tersebut, HMIF Unikom pun bekerja sama dengan HIPMA Unikom pada kegiatan bazzar serta berkolaborasi dengan BEM Unikom yang mengadakan kompetisi E-Sport yakni PES dan Mobile Legend.

Mengakhiri rangkaian IF Festival 2.0, HMIF Unikom mengadakan Seminar Nasional Technopreneur bertemakan “Membangun Strategi Bisnis dalam Era Ekonomi Digital di Indonesia yang Berkelanjutan" di Auditorium Miracle Unikom, Sabtu (14/7). Tema tersebut dipilih lantaran menurut Iftikharul Ummah selaku Ketua Pelaksana, bahwa IT saat ini berperan penting dalam era ekonomi di Indonesia dimana kehadiran IT mampu membantu berbagai sektor terutama bisnis yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing Indonesia.

Sejumlah pembicara kompeten dari kalangan bisnis pun hadir dalam seminar yang diikuti ± 160 peserta, diantaranya: 1) Hafidz Syahrial, MBA. (Chief Executive Officer Muslim Apps); 2) Johannes Adi Purnama Putra (Manager Incubation Management TELKOM Digital Service (DDS)); dan 3) Pang Xue Kai (Founder & CEO TokoCrypto). Umumnya dari mereka mengulas tentang perkembangan dunia Start Up yang saat ini tengah merajalela di kalangan pebisnis, dimana hadirnya Start Up seolah menjadi warna baru bagi dunia bisnis di Indonesia yang patut dieksplorasi lebih lanjut oleh generasi muda seperti mahasiswa.

Mengenai IF Festival 2.0 yang menjadi program kerja unggulan HMIF Unikom, Daniar bersama kepanitiaan berbangga hati karena pihak Prodi memberikan dukungan penuh seiring dengan antusiasme positif dari para peserta yang hadir dan meramaikan kegiatan tersebut. Dosen Pembina Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Unikom, Alif Finandhita, S.Kom.,M.T, yang turut hadir pun mengungkapkan rasa bangganya atas kesuksesan IF Festival 2.0 yang mengkolaborasikan antara teknologi dan entrepreneurship sehingga dapat menggali kreativitas mahasiswa untuk menerapkannya pada keilmuan di era ekonomi digital.

Adanya kegiatan ini diharapkan menjadi momentum bagi HMIF Unikom untuk bisa mengekspresikan diri melalui pengembangan kreativitas dan inovasi yang direalisasikan dalam berbagai kegiatan serta memajukan Prodi Teknik Informatika Unikom agar semakin dikenal oleh khalayak luas. (Direktorat Hms & Pro)

Belajar Bahasa dan Budaya Jepang di Japan Corner Perpustakaan Unikom
Rabu, 19 Juni 2019
Unikom Awali Aktivitas dengan Kegiatan Halal Bihalal 1440 H
Selasa, 18 Juni 2019
Open House Idul Fitri 1440 H: Pererat Tali Silaturahim antar Civitas Akademika Unikom
Senin, 17 Juni 2019