BERITA

Sambut Pemilukada Serentak, HIMA IP UNIKOM Ajak Mahasiswa Pahami ‘Demokrasi’

Rabu, 01 November 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (Hima IP) Unikom mengadakan kegiatan “Diskusi Politik Pemilukada Serentak 2018” yang digelar pada Jumat (27/10) pukul 13.30 WIB di Auditorium Miracle Unikom. Kegiatan bertajuk “Dampak Pemilukada terhadap Demokrasi Lokal” secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Prof. Dr. Samugyo Ibnu Redjo, Drs.,M.A.

Melalui sambutan pembukanya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan momentum untuk menggali pola pikir mahasiswa agar mampu berpikir cerdas dan tepat dalam melihat dan menentukan kepemimpinan seperti apa yang bisa membenahi masyarakat secara umum. “…artinya, apa yang disampaikan oleh para narasumber diharapkan dapat membuka cakrawala berpikir mahasiswa khususnya terkait arti demokrasi yang sebenarnya. Sehingga, kita bisa mengetahui bagaimana kepemimpinan yang bisa memberikan perubahan dan membenahi masyarakat menuju arah yang lebih baik,” ujar Samugyo.

Pelaksanaan diskusi politik turut dihadiri Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan, Dr. Hj. Dewi Kurniasih, S.IP. M.Si., Dosen Pembina Kemahasiswaan, Tatik Rohmawati, S.IP.,M.Si, dan jajaran dosen Prodi IP Unikom, dengan menghadirkan narasumber kompeten di bidangnya, antara lain: 1) Indon Sinaga, S.H., M.H (Staf Ahli Anggota MPR RI); dan 2) Dr. Ferry Kurnia Rizkiyansyah, S.IP., M.Si (Mantan Ketua KPU Jawa Barat) untuk berbagi ilmu dan wawasan kepada ± 150 peserta dari mahasiswa Prodi IP dan perwakilan organisasi kemahasiswaan Unikom,

Menurut Tatik, mahasiswa Prodi IP merupakan calon aktor-aktor politik sehingga diharapkan setelah lulus nanti mereka bisa berperan menjadi salah satu aktor yang memiliki jiwa kepemimpinan dan membawa perubahan bagi masyarakat. “Kami di Prodi Ilmu Pemerintahan mencoba belajar untuk berdemokrasi. Terlebih dalam waktu dekat, akan berlangusung momen yang sangat ditunggu yaitu Pemilukada Serentak di seluruh daerah,” tutur Tatik.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa Unikom secara umum dan peserta secara khusus bisa membuka wawasan untuk berpikir cerdas dan mempunyai bekal yang mumpuni dalam menetapkan pilihannya serta memanfaatkan hak pilih untuk menentukan sosok yang pantas menjadi leader bagi masyarakat. (Direktorat Hms & Pro)

Kuisioner Tracer Study 2019: Isi Kuisioner Bertabur Hadiah
Kamis, 17 Oktober 2019
Informasi Lowongan Pekerjaan : Dremgen PTE LTD
Kamis, 17 Oktober 2019
Selamat dan Sukses atas Sidang Promosi Doktor Program Studi Pengembangan Kurikulum Dr. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd
Kamis, 17 Oktober 2019