Berita

Sadaya Unikom Cetak Prestasi di Lomba Tari Tradisional Kreasi Sunda Se-Jawa Barat

BANDUNG, UNIKOM- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Saung Budaya (Sadaya) Unikom raih Juara 3 Lomba Tari Tradisional Kreasi Sunda se-Jawa Barat di ajang Festival Tari Tradisional bertajuk “Upanggawala Hanasta” di Gedung YPK Jalan Naripan No 7-9 Bandung, Sabtu (4/5/2019). Perlombaan yang digagas oleh Lingkungan Seni Tradisional (Listra) Universitas Katolik Parahyangan diikuti total 27 grup yang terdiri dari beberapa kategori, antara lain: 1) Kategori A (SD/sederajat); 2) Kategori B (SMP/SMA/sederajat); 3) Kategori C (Universitas/sederajat).

Gelaran Festival Tari Tradisional kali pertama diikuti Sadaya Unikom dengan menampilkan lima penari yang menunjukan kebolehannya dihadapan tiga dewan juri. Melalui tarian jaipong yang diiringi lagu waledan, Sadaya Unikom berhasil memberikan penampilan memukau. Menurut Muhammad Hafiz selaku Ketua Sadaya Unikom, dirinya mengakui kelebihan Divisi Tari Sadaya Unikom mampu menampilkan gerakan tarian yang gagah dan tegas serta kostum sederhana namun tetap elegan.

Selain tari, Sadaya Unikom memiliki beberapa divisi yang juga tidak kalah berprestasi, diantaranya divisi angklung, divisi gamelan, divisi perkusi, dan divisi rampak kendang. Hafiz menambahkan, dibawah nahkoda kepemimpinannya saat ini diharapkan Sadaya Unikom semakin berkembang guna kemampuanya di setiap divisi dengan mengikuti berbagi perlombaan. Selain giat berkarya, Sadaya Unikom juga membawa misi untuk terus melestarikan kesenain tradisional yang diharapkan turut diapresiasi oleh Civitas Akademika Unikom secara khusus dan masyarakat pada umumnya. (Direktorat Hms & Pro)