Berita

Resmi Dilantik, Wisudawan Unikom Siap Mendarmabaktikan Ilmu di Masyarakat

BANDUNG, UNIKOM- Sebanyak 1.359 wisudawan dari total 28 program studi jenjang Magister (S2), Sarjana (S1), dan Diploma-III (D3) di lingkungan Unikom resmi dilantik melalui Sidang Terbuka Senat dalam rangka Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019. Bertempat di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), gelaran bersejarah yang menjadi momentum pelepasan wisudawan ini berlangsung selama dua hari pada Sabtu (28/9/2019) dan Minggu (29/9/2019).

Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T, dalam pidatonya mengungkapkan bahwa Wisuda yang identik sebagai momen seremonial dapat dianggap sebagai awal kesuksesan para wisudawan yang harus segera ditindaklanjuti dengan usaha dan perjuangan untuk meraih sukses selanjutnya. Berdasarkan Badan Pusat Statistik saat ini Industri teknologi informasi dan komunikasi menyerap tenaga kerja sekitar 29,10 persen. Perusahaan yang menyerap tenaga kerja ini antara lain bergerak di bidang internet, keamanan jaringan, pengembangan sofware dan aplikasi, telekomunikasi, serta konsultasi TI, serta perusahaan rintisan (startup) digital. “…dengan ketersediaan lapangan kerja di bidang IT yang cukup besar maka sebagai lulusan Unikom yang berbasis IT sudah sepatutnya memiliki semangat dan rasa optimisme yang tinggi untuk bisa berkarya di masyarakat,” tuturnya.

Wisudawan yang siap mendarmabaktikan ilmunya di masyarakat terdiri dari 32 wisudawan program Pascasarjana, 1273 wisudawan program Sarjana dan 54 wisudawan program D3. Total 1359 wisudawan, sebanyak 378 orang atau 27,81% hampir 30% wisudawan lulus dengan predikat Cum Laude atau Lulus Terpuji, yakni : 8 orang Cum Laude S2, 350 orang Cum Laude S1 dan 20 orang Cum Laude D3. Adapun IPK tertinggi jejang Magister diraih oleh Abdullah Al'Aliyi Surtawijaya, M.M (Program Studi Magister Manajemen) dengan IPK 3.88 (Magna Cum Laude), sementara Selma Shabrina, S.S., (Program Studi Sastra Jepang) IPK 3.96  (Summa Cum Laude) menduduki predikat IPK tertinggi untuk jenjang Sarjana, dan D3 diraih oleh wisudawan atas nama Anita Rachmawati, A.Md (Program Studi Akuntansi) dengan IPK 3.95.

Keberhasilan para wisudawan dalam menyelesaikan studi di Unikom tidak terlepas dari kerja keras, ketekunan dan kesungguhan, serta tentunya doa dan dorongan pihak keluarga yang dalam kesempatan ini turut mejadi saksi keberhasilan mereka dengan resmi menyandang gelar sesuai bidang ilmunya masing-masing. Selain menjadi lulusan yang siap bersaing di masyarakat, wisudawan Unikom patut berbangga hati karena telah mengambil bagian dalam pencegahan tindakan plagiarism dengan membuat karya ilmiah bermutu bebas plagiat.

Sejak sejak semester ganjil TA 2017/2018 Unikom telah mengaplikasikan software Turnitin untuk mendeteksi plagiarism skripsi dan tesis para kandidat wisudawan. Hal ini sebagai bentuk nyata Unikom untuk melakukan publikasi ilmiah berkualitas, karena kejujuran dari para penulis merupakan faktor utama terlebih di dunia akademik yang senantiasa menjunjung tinggi moral dan etika. “Menulis bukan hanya meningkatkan kredibilitas dalam kepakaran, tetapi juga mendidik moral. Dalam melakukan publikasi ilmiah, kejujuran dari para penulis merupakan faktor utama, karena jika mereka melakukan kebohongan maka mereka tidak pantas berada di dunia akademik yang senantiasa menjunjung tinggi moral dan etika,” tambah Rektor Unikom.

Melalui kesempatan tersebut, Rektor Unikom juga menyampaikan kabar bahagia atas pencapaian Unikom belum lama ini. “…pada tanggal 27 September 2019 kita juga memperoleh kabar menggembirakan ketika sebanyak 59 Karya Ilmiah Internasional Unikom Lolos dan semuanya diterima oleh Publisher Internasional Europe Alliances for Innovation (EAI),” jelasnya. Akhir dari sambutan, Rektor Unikom mengharapkan para wisudawan menjadi pribadi yang unggul secara intelektual, anggun secara moral, kompeten menguasai IPTEK, berjiwa sosial dan memiliki komitmen yang tinggi untuk memajukan bangsa dan negara Indonesia.

Usai prosesi pelantikan Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019 yang menciptakan momen bahagia sekaligus haru, juga menyuguhkan hiburan dari berbagai penampilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Unikom yakni Paduan Suara Mahasiswa (PSM) dan Saung Budaya (Sadaya). Setelah resmi menyandang gelar, segenap civitas akademika mengucapkan selamat menempuh hidup bermasyarakat, selamat berjuang, selamat bekerja dan selamat berprestasi di masyarakat. (Direktorat Hms & Pro)