Berita

Program Studi Manajemen Unikom Raih Nilai Akreditasi A

BANDUNG, UNIKOM - Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja. Pada tanggal 14 Oktober 2021 Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 11730/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/X/2021, menyatakan bahwa Program Studi Manajemen, Pada Program Sarjana Universitas Komputer Indonesia, Kota Bandung memenuhi syarat peringkat Akreditasi A. Akreditasi tersebut berlaku sampai dengan 14 Oktober 2026.

Menanggapi hal tersebut, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unikom Assoc. Prof. Dr. Elly Suhayati, SE., M.Si., Ak.CA mengatakan “Alhamdulilah Puji Syukur dipanjatkan kepada Allah SWT atas Rahmat dan PerkenanNyalah dapat meraih Akreditasi A melalui perpanjangan Otomatis, arti otomatis disini hanya melalui satu tahap pemantauan saja, tidak sampai pemantauan dua dan 3 melalui IPEPA (instrument Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi), dimana hasil pemantauan IPEPA tersebut akan mendapat peringkat akreditasi tetap, t rata tidak memenuhi syarat. Elly berharap ke depan Dengan diperolehnya Akreditasi A untuk Program Studi Manajemen Jenjang S1 adalah mendapatkan akreditasi dengan nilai yang paling tinggi yaitu “Terakreditasi Unggul”, begitupun dengan Program Studi Lainnya yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis seperti Program Studi Akuntansi Jenjang S1 dan D3, serta Manajemen Pemasaran mengikuti Program Studi Keuangan dan Pernbankan yang sudah mendapat Akreditasi Unggul.”pungkasnya

Ketua Program Studi Manajemen Dr. Linna Ismawati, M.Si mengatakan “Alhamdulillah wa syukurillah atas rejeki yang Allah beri selama 3 periode berturut-turut sejak tahun 2011 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikom selalu memperoleh nilai akreditasi "A". Capaian akreditasi ini merupakan indikator bahwa Prodi Manajemen mampu menjaga kualitas penjaminan mutu Prodi, tentunya atas dukungan dari seluruh sivitas akademika Unikom. Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh sivitas Unikom yang telah membantu Program Studi Manajemen dalam pencapaian nilai kareditasi ini. Proses akreditasi dengan capaian nilai akreditasi "A" ini melalui proses perpanjangan otomatis IPEPA BAN-PT melalui penilaian kinerja prodi oleh BAN-PT.

Linna Berharap, ke depan nya Prodi Manajemen tetap mampu menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara global. Salah satu langkah yang saat ini dilakukan adalah mempersiapkan penyetaraan nilai akreditasi "A" untuk di konversi ke "Unggul".”ucap Linna

Akreditasi juga bisa memberikan manfaat pada semua pihak, baik itu pemerintah, calon mahasiswa atau orang tua, pasar kerja nasional maupun internasional, organisasi penyandang dana, dan bagi perguruan tinggi atau program studi yang bersangkutan. Melalui akreditasi, pemerintah bisa lebih mudah menjamin mutu PT dan tenaga kerja yang lulus dari PT yang sudah terakreditasi. Selain itu juga pemerintah bisa mendapatkan informasi mengenai PT untuk menentukan beasiswa atau hibah yang akan diberikan bagi institusi dan mahasiswanya. (Direktorat Hms & Pro)