BERITA

Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Unikom: Tanamkan Jiwa Nasionalisme dan Bela Negara di Kalangan Mahasiswa

Jumat, 19 Juli 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Auditorium Miracle Kampus I Unikom, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) Unikom mengadakan kegiatan Kuliah Umum bertajuk "Keamanan Nasional dan Bela Negara" yang diikuti 300 peserta dari mahasiswa Unikom dan umum. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis, (11/7/2019) secara langsung dibuka oleh Ketua Program Studi IHI Unikom, Dr. Dewi Triwahyuni, M.Si, usai pemaparan sambutan Ketua Pelaksana, Budi Mulyana,M.Si.

Melalui sambutannya, Budi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja Prodi IHI Unikom yang ditujukan untuk menanamkan jiwa nasionalisme dan semangat bela negara mahasiswa dalam menghadapi tantangan global. Gelaran ini pun menjadi penunjang mata kuliah Studi Keamanan Tradisional dan Non- Tradisional dalam kurikulum Program Studi IHI Unikom.

Memasuki agenda inti, agenda kuliah umum dipandu oleh Andrias Darmayadi, Ph.D selaku moderator dengan menghadirkan para pembicara kompeten dibidangnya, yakni Prof. Drs. Yanyan M Yani, MAIR, Ph.D (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran) yang menyampaikan materi terkait keamanan nasional dan bela negara dalam perspektif Hubungan Internasional. Sementara itu, pembicara kedua yakni Kolonel Infantri Ardiansyah, S.Sos (Komandan Brigade Infantri 15/ Kujang III Kodam III Siliwangi) lebih menekankan aspek keamanan nasional dan bela negara berdasarkan perspektif pertahanan keamanan dan militer.

Usai pemaparan materi, kegiatan yang turut dihadiri Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Prof. Dr. Hj. Aelina Surya, Dra dan para dosen di lingkungan Program Studi IHI Unikom dilanjutkan pada sesi diskusi dan tanya jawab yang berlangsung komunikatif antara peserta dengan para pembicara. Terselenggaranya kegiatan yang melibatkan Himpunan Mahasiswa IHI Unikom sebagai panitia, diharapkan dapat memantik para generasi muda untuk lebih menanamkan jiwa nasionalisme dan bela negara di tengah perkembangan zaman yang kian pesat. (Direktorat Hms & Pro)

Kunjungan Edukatif SMK YMIK Jakarta ke Unikom: Menggali Wawasan Perkembangan Teknologi
Selasa, 22 Oktober 2019
Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024
Senin, 21 Oktober 2019
Partisipasi Aktif Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom Bersinergi Melalui Kepengurusan ISKI Jabar
Senin, 21 Oktober 2019