Berita

Prodi Sastra Inggris Unikom: Membuka Perspektif dan Persepsi Teks Melalui Kamera

BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Auditorium Miracle Kampus I Unikom Program Studi Sastra Inggris Unikom menggelar Seminar bertajuk “Movie Screening and Critical Studies Digital Humanities: Perspektif dan Persepsi Teks Melalui Kamera” pada Selasa, (21/5/2019). Kegiatan ini diikuti 100 orang peserta yang merupakan mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Unikom serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lainnya di Kota Bandung, yakni Universitas Widyatama, Universitas Pasundan (Unpas) serta Universitas Winaya Mukti (Unwim).

Gelaran rutin yang diadakan setiap tahunnya, turut dihadiri Ketua Program Studi Sastra Inggris Unikom Dr. Retno Purwani Sari, S.S., M.Hum serta para dosen di lingkungan Prodi Sastra Inggris Unikom dengan mengundang salah satu Dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Unikom, M. Syahril Iskandar, M.Ds, sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut.

 Menurut Ketua Pelaksana, Tatan Tawami, S.S.,M.Hum, seminar ini dilakukan untuk membuka perspektif mahasiwa terkait teks dalam film “...kami ingin membuka wawasan mahasiswa mengenai pesan-pesan yang tersembunyi dalam sebuah film, memaknai bagaimana film bisa menjadi sebuah teks dalam dunia bahasa kemudian dari teks itu, dan seperti apa makna yang ingin dimunculkan oleh pengambilan gambar melalui kamera,” ujarnya. Tatan menambahkan, kegiatan ini cenderung diarahkan pada pendekatan multi modalitas, mengingat bahasa tidak hanya dalam bentuk textbook saja melainkan film pun menjadi salah satu media bahasa.

Terselenggaranya seminar kali ini, diharapkan dapat memperluas cakrawala berpikir mahasiswa teurtama mengenai media bahasa yang dapat menjadi referensi penelitian di masa yang akan datang. “Kami ingin mahasiswa terbuka dengan kondisi ini, maka nantinya penelitian mereka tidak terfokus pada novel saja. Melirik era digital, mahasiswa dapat memanfaatkan media digital seperti film untuk diteliti bagaimana kaitannya antara bahasa dengan media tersebut,” pungkas Tatan.