Berita

Prodi IHI Unikom Gelar Webinar “Diaspora IHI Unikom: Surviving in Global Pandemic Covid-19”

BANDUNG, UNIKOM -- Sabtu, 18 Juli 2020, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) Unikom menggelar webinar yang bertajuk “Diaspora IHI UNIKOM : Surviving in Global Pandemic Covid-19″. Digelar secara online melalui aplikasi zoom, kegiatan tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unikom, Prof. Dr. Samugyo Ibnu Redjo, Drs, MA, Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Unikom, Prof. Dr. Hj. Aelina Surya, Dra, Ketua Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) UNIKOM, Dr. Dewi Triwahyuni, S.IP.,M.Si, para  dosen diantaranya Andrias Darmayadi, Ph.D yang menjabat sekaligus Direktur Kemahasiswaan dan staf di lingkungan Prodi IHI Unikom serta sebanyak 150 peserta yang terdiri dari mahasiswa, kalangan akademisi dan masyarakat umum.

Mengawali kegiatan, Dr. Dewi Triwahyuni, S.IP., M.Si., selaku Ketua Program Studi IHI Unikom melalui sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan bagi para mahasiswa prodi IHI khususnya serta khalayak umum tentang bagaimana upaya negara-negara di dunia dalam menghadapi Pandemi COVID-19 sehingga dapat diimplementasikan di Indonesia. “Kondisi saat ini merupakan tantangan bagi mahasiswa karena seluruh aktivitas pembelajaran dilakukan secara daring, tentunya banyak perubahan yang sangat siginifikan sehingga dikhawatirkan semangat belajar dapat menurun. Melalui webinar tersebut diharapkan dapat membangkitkan semangat mahasiswa untuk tetap semangat dan aktif dalam belajar juga mengejar cita-cita mereka dengan menghadirkan role model yaitu para alumni yang telah sukses dibidangnya.” ujarnya.

Secara resmi webinar tersebut dibuka oleh Dekan FISIP Unikom, Prof. Dr. Samugyo Ibnu Redjo, Drs, MA., yang mengapresiasi positif dan mendukung penuh Prodi IHI Unikom atas terlaksananya kegiatan tersebut. “Harapan besar bahwa webinar tersebut dapat memotivasi mahasiswa Prodi IHI Unikom untuk terus semangat menjalankan proses belajar mengajar. Selamat dan rasa bangga kami bagi para alumni IHI yang bertindak sebagai narasumber pada webinar tersebut, semoga prestasi yang telah ditorehkan tidak saja dapat mengharumkan nama prodi IHI, FISIP dan Unikom namun juga bangsa dan negara Indonesia.” ungkapnya.

Dipandu oleh Moderator, Sylvia Octa Putri, S.IP.M.I.Pol selaku Dosen Prodi IHI Unikom, narasumber yang dihadirkan berasal dari berbagai negara yakni Australia, Kamboja, Timor Leste dan Jepang diantaranya: 1) Agung Hatma Suryawan – Embassy of The Republic of Indonesia in Canberra – Australia (Alumni IHI Year of 2002); 2) Celso Da Fonseca – Master of Arts (MA) International Development, Korea University, Republic of Korea dan Asia Pacific Master of Arts (MA) in Human Rights and Democratization, Global Campus Asia Pacific, Mahidol University, Founder BOTIR MATAK Group Dili – East Timor (Alumni IHI Year of 2003); 3) Januario Rangel Soares, MPS – Deputy Team Leader (Roads Project and Social Protection Project) for Catalpa International Phnom Penh – Cambodia (Alumni IHI Year of 2004); 4) Irfan Hakim – Hotsuma International School, Gifu-Shi, Gifu-Ken, Japan (Alumni IHI Year of 2011); dan 5) Faza Raksa Barliana – Tokyo Oji Internasional Language Saitama – Japan (Alumni IHI Year of 2013).

Webinar tersebut berlangsung interaktif dan dinamis sehingga menggugah antusiasme peserta dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber dalam sesi tanya jawab. Melengkapi rangkaian kegiatan, agenda tersebut ditutup dengan doa dan foto bersama, serta pemberian apresiasi kepada narasumber melalui virtual applause oleh panitia dan peserta. (Direktorat Hms & Pro)