BERITA

Prodi IF Unikom: Kenalkan ‘Internet’ di Kalangan Tenaga Pendidik Paud

Kamis, 25 Januari 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Laboratorium Multimedia (R. 6.009) Smart Building Unikom, Program Studi Teknik Informatika (IF) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran III di Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung”. Kegiatan yang digelar pada Sabtu (20/1) pukul 08.30 WIB, diikuti ± 20 peserta yakni para tenaga pendidik PAUD dibawah naungan Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) setempat.

Mengawali kegiatan tersebut, Ketua Prodi IF Unikom, Irawan Afrianto, S.T.,M.T mengucapkan terimakasih atas apresiasi dan antusiasme peserta terhadap kegiatan ini. “Semoga berbagai materi yang disampaikan oleh dosen kami di Prodi IF Unikom dapat diterima dengan baik dan menambah keilmuan Bapak/Ibu terutama pada pengembangan bahan ajar di lingkungan PAUD Kecamatan Cibeunying Kidul,” ujarnya.

Respon positif pun diungkapkan Ketua Himpaudi Kec. Cibeunying Kidul Kota Bandung, Yulianti, S.E, bahwa pihaknya merasa sangat diuntungkan atas terselenggaranya pengabdian masyarakat ini. “…perlu digarisbawahi bahwa daya pemahaman kami cukup rendah sehingga perlu kesabaran ekstra dalam menyampaikan materi kepada kami, tentunya kami menunggu dan berharap akan ada lagi kegiatan serupa yang bisa diikuti karena kegiatan seperti ini sangat berguna dan bermanfaat,” tuturnya.

Mengacu pada tema yang dipilih, Prodi IF Unikom menyampaikan dua pokok materi mengenai ‘internet’ oleh Hanhan Maulana, S.Kom.,M.T dan ‘pencarian bahan ajar dalam bentuk dokumen, mp3, dan video’ yang disampaikan oleh Angga Setiyadi, S.Kom.,M.Kom. “Materi ini termasuk permintaan dari para peserta karena mereka ingin mengetahui cara-cara mendownload bahan ajar dan browsing tema yang bisa dijadikan materi di PAUD,” ucap Tati Harihayati Mardzuki, S.T.,M.T selaku Ketua Pelaksana. Selain pemaparan materi, juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Prodi IF Unikom dengan Himpaudi Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung yang dilakukan oleh Ketua Prodi IF dan Ketua Himpaudi.

Pengabdian masyarakat berkelanjutan yang sebelumnya sukses terlaksana pada November 2016 dan Mei 2017 lalu, digadang menjadi agenda terakhir Prodi IF dalam menyampaikan materi terkait media pembelajaran di tingkat PAUD. “Rencananya kegiatan ini menjadi pertemuan terakhir karena pengabdian masyarakat selanjutnya sudah ada permintaan materi tentang pembuatan profil sekolah sebagai media promosi, namun tingkatnya bukan lagi PAUD melainkan TK dan SD,” ujar Tati.

Melalui kegiatan ini, Prodi IF Unikom berupaya untuk meningkatkan keterampilan tenaga pendidik di lingkungan PAUD yang selama ini kurang mengaplikasikan media pembelajaran. Sehingga tidak hanya mengimplementasikan salah salah satu aspek Tridharma Perguruan Tinggi, kegiatan ini diharapkan bisa memenuhi penguasaan keterampilan komputer di kalangan Tenaga Pendidik PAUD. (Direktorat Hms & Pro)

Belajar Bahasa dan Budaya Jepang di Japan Corner Perpustakaan Unikom
Rabu, 19 Juni 2019
Unikom Awali Aktivitas dengan Kegiatan Halal Bihalal 1440 H
Selasa, 18 Juni 2019
Open House Idul Fitri 1440 H: Pererat Tali Silaturahim antar Civitas Akademika Unikom
Senin, 17 Juni 2019