BANDUNG, UNIKOM – Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia ke-3 atau the 3rd World Conference on Creative Economy (WCCE) Tahun 2022 yang digelar pada 5-7 Oktober 2022 di Bali menghasilkan peta jalan ekonomi kreatif untuk pemulihan ekonomi global yang dinamakan “Bali Creative Economy Roadmap” atau “Bali Roadmap”.
“Bali Roadmap merupakan dokumen yang disepakati oleh para delegasi WCCE sebagai peta jalan untuk kebangkitan ekonomi, di mana sektor ekonomi kreatif yang menjadi tulang punggung kebangkitan ekonomi global,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Jumat (07/10/2022).
Bali Roadmap merupakan hasil proses diskusi yang sudah diedarkan ke negara-negara anggota, organisasi internasional, dan pihak-pihak ekonomi kreatif yang berkepentingan sejak Juni 2022. Pada Kamis (06/10/2022) Bali Roadmap disahkan oleh Menparekraf dan kemudian diadopsi dalam pertemuan tingkat menteri yang akan menjadi warisan bagi Indonesia di bidang ekonomi kreatif di dunia Internasional.
Pada Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia ke-3 atau the 3rd World Conference on Creative Economy (WCCE) Tahun 2022 Unikom ikut serta dalam Pameran tersebut. Presiden Jokowi dan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno beserta jajarannya mengunjungi Booth pameran Unikom-Ayena pada pegelaran Konferensi ke-3 Ekonomi Kreatif atau World Conference on Creative Economy (WCCE) dengan Tema Inclusively Creative : a Global Recovery, tahun 2022 di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Kamis, 6 Oktober 2022.
Ketua Divisi Animasi dan Multimedia Unikom Robby UL Pratama melaporkan bahwa “Sambil melihat cuplikan tayangan dari Film serial TV Animasi Super Neli Kerjasama Unikom-Ayena Presiden Jokowi sangat mengapresiasi karya-karya anak bangsa yang mampu bersaing ditengah tayangan film animasi luar yang juga ditonton anak-anak Indonesia. Beliau mengatakan “kualitas animasi super neli sudah mampu bersaing dengan jenis animasi luar lainnya,”. beliau juga menyoroti isu akan kecintaan anak-anak Indonesia terhadap tayangan animasi luar, sementara banyak studio animasi Indonesia yang sudah memiliki IP ataupun film yang kualitasnya sama baiknya.
Menanggapi hal tersebut bapak Sandiaga Uno mengatakan melalui kementerian pariwisata ekonomi kreatif sudah melakukan upaya-upaya akselerasi, salah satunya melalui program BANPER, Pameran dan kegiatan kreatif lainnya. Pertemuan diakhiri dengan Foto Bersama Karakter Animasi Super Neli melalui Teknologi Augmented Reality, yang membawa karakter animasi digital kedalam realitas nyata.
Robby juga mengatakan Kegiatan tersebut sangat kami rasakan manfaatnya sebagai sarana mempromosikan produk kreatif yang sudah kami buat, kami banyak menemukan insight baru, bertemu potensial partner dari berbagai negara dan membuka peluang Kerjasama lainnya. (Direktorat Hms & Pro)