BERITA

Perpustakaan Unikom Rangkul BEM dan HIMA Koordinasikan ‘Pendidikan Pemakai Perpustakaan’

Rabu, 05 September 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Berkenaan dengan dilaksanakannya rangkaian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unikom Tahun Akademik 2018/2019 yang diawali pada 10 September 2018 di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Perpustakaan Unikom bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa (Hima) Unikom lakukan koordinasi terkait “Pendidikan Pemakai Perpustakaan”, Kamis (30/8) di Ruang Rapat Perpustakaan Unikom. Menurut Humas Perpustakaan Unikom, Novi Syania Awalliah, S.Pd, pendidikan pemakai Perpustakaan atau lebih dikenal sebagai user education merupakan bentuk edukasi berupa pemberian informasi kepada mahasiswa baru tentang  tata cara pengunaan dan pemanfaatan Perpustakaan.

“Kami tidak hanya menginformasikan tentang layanan dan fasilitas yang ada, tetapi juga menyampaikan cara untuk menemukan informasi yang dibutuhkan di Perpustakaan Unikom, sehingga melalui pertemuan ini kami sekaligus membuat jadwal bersama BEM dan Hima terkait dengan pelaksanaan user education tersebut,” ujar Novi. Ia menambahkan, informasi terkait user education juga penting diketahui oleh BEM dan Hima agar mereka bisa menjadi wakil Perpustakaan Unikom jika ada mahasiswa baru yang bertanya perihal ini. 

Meskipun telah menjadi agenda rutin setiap tahun sejak 2017, kali ini Perpustakaan Unikom turut memfasilitasi tour guide/pendamping dari pihak Perpustakaan guna mengantisipasi mahasiswa yang tidak mendapatkan pendidikan tersebut. “…tahun sebelumnya ada beberapa mahasiswa yang tidak mendapatkan pendidikan pemakai Perpustakaan dikarenakan jadwal yang bersamaan dengan kegiatan prodi karena itu sebagai bahan evaluasi maka tahun ini kami siapkan pendamping tersebut,” tambah Novi.

Secara garis besar, kegiatan pendidikan pemakai Perpustakaan nantinya akan didampingi satu tour guide/pendamping dari Perpustakaan guna memberikan pendidikan tersebut kepada satu grup mahasiswa baru yang terdiri dari 20-25 orang. Mahasiswa baru diberikan pengenalan mengenai Perpustakaan, fasilitas dan layanan, tata tertib, dan tata cara penggunaan serta memanfaatkan Perpustakaan. Sehingga, dengan adanya koordinasi ini diharapkan pelaksanaan pendidikan pengguna Perpustakaan dapat berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan. (Direktorat Hms & Pro)

Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019
Unikom Gelar Pengarahan Penerimaan Beasiswa Tahun 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Education Trip Program Studi Ilmu Komunikasi ke Bangkok, Thailand
Jumat, 18 Oktober 2019