BERITA

Penjajakan Kerja Sama Jadi Bahasan Utama Kunjungan Pikiran Rakyat ke Unikom

Sabtu, 20 Oktober 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T bersama jajaran rektorat, dekanat, serta Direktur Humas dan Protokoler Unikom, menyambut sowan atau kunjungan Pikiran Rakyat (PR) di Ruang Rektor Lantai 15 Smart Building Unikom, Rabu (17/10/2018). Sowan yang berlangsung pukul 10.00 WIB, dihadiri oleh Bapak Januar Primadi Ruswita (Direktur Bisnis PR), Bapak Budhiana (Corporate Secretary PR), Bapak Ricky Primansyah (Manager Iklan), Bapak Erwin Kustiman (Wakil Pemimpin Redaksi PR), serta Ibu Tati Syamsul (Humas PR).

Melalui kesempatan tersebut, Januar menuturkan bahwa saat ini PR tengah mendekatkan diri dengan lingkungan perguruan tinggi sebagai upaya kerja sama karena keberadaan media bukan sekedar memberitakan informasi tetapi juga berkontribusi menciptakan solusi atas perubahan dan permasalahan yang terjadi di masyarakat. “…solusi ini tidak bisa kami berjalan sendiri, tentunya ada peran masyarakat salah satunya perguruan tinggi karena masalah yang terjadi semakin kompleks dan heterogen, sehingga kami yakin perguruan tinggi termasuk Unikom memiliki role model perubahan yang bisa kami implementasikan dan kami sampaikan ke khalayak luas, seperti melalui penelitian dan kepakaran para dosen agar manfaatnya lebih dirasakan oleh banyak pihak,” tuturnya.

Selain kepakaran dosen, PR juga memberikan ruang bagi mahasiswa Unikom untuk menyalurkan kreativitasnya pada rubrik ‘Kampus’ di Koran PR untuk bisa diisi dengan berbagai informasi di kalangan Civitas Akademika Unikom, baik kegiatan kemahasiswaan, opini mahasiswa, dan sebagainya. Mahasiswa bisa membentuk tim yang nantinya menyusun konten, layout, hingga menentukan sendiri nama rubriknya. “Rubrik ini bisa dimanfaatkan untuk mengasah potensi mahasiswa dan menjadi portofolio mereka, kami fasilitasi langsung penyusunannya sebanyak dua halaman sehingga mahasiswa bisa bebas berkreasi dengan bahasa versi mahasiswa dan konten mahasiswa,” jelas Erwin.

Hal tersebut disambut positif oleh Rektor Unikom dan jajarannya yang hadir saat itu. Menurutnya, Unikom mendukung upaya PR untuk melakukan publikasi kepakaran dosen dan memberikan ruang kepada mahasiswa dalam berkarya. Terlebih mahasiswa Unikom memiliki segudang prestasi yang layak untuk dipublikasi dan diketahui masyarakat sehingga diharapkan bisa menjadi pemantik generasi muda lainnya untuk giat berprestasi. “Saya ingin dosen dan mahasiswa Unikom bisa menulis di Pikiran Rakyat,” tegasnya.

Keinginan Rektor tersebut mulai direalisasikan dengan membiasakan para dosen dan mahasiswa Unikom menulis karya tulis ilmiah berstandar internasional yang terindeks scopus. Bahkan, Unikom menjadi pelopor karya tulis ilmiah bebas plagiat karena skripsi dan tugas akhir yang dibuat oleh setiap mahasiswa terlebih dulu dilakukan pengecekan tingkat plagiarisme melalui sebuah software.

Rencananya kerja sama ini akan diresmikan dalam bentuk penandatanganan MoU yang tengah disusun dalam waktu dekat. Mengakhiri kunjungannya, Pimpinan PR pun mengunjungi sejumlah fasilitas di Unikom seperti Studio Unikom TV, Unikom Radio, dan Studio Animasi Unikom yang tengah mempersiapkan project film Animasi berjudul “Super Neli: Nenek Lincah” dan digadang akan tayang akhir tahun ini. (Direktorat Hms & Pro)

 

Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019
Unikom Gelar Pengarahan Penerimaan Beasiswa Tahun 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Education Trip Program Studi Ilmu Komunikasi ke Bangkok, Thailand
Jumat, 18 Oktober 2019