BERITA

Pengabdian Masyarakat Komputerisasi Akuntansi Unikom: Ciptakan Inovasi Pelayanan Objek Wisata Bersejarah Di Kota Bandung

Sabtu, 18 Mei 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Civitas Akademika Unikom tidak henti menunjukan kiprahnya sebagai intelektual publik dengan memberikan kontribusi bagi masyarakat. Berbagai macam cara dilakukan untuk mewujudkannya, salah satunya dikemas dalam pengabdian kepada masyarakat sejalan dengan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan program kerja rutin setiap program studi di Unikom. Selain dilakukan para dosen, mahasiswa pun terlibat aktif melalui organisasi kemahasiswaannya, seperti Himpunan Mahasiswa (Hima) atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Hal inilah yang diimplementasikan Program Studi Akuntansi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Unikom bersama Himpunan Mahasiswa (Hima) Komputerisasi Akuntansi Unikom.

Menggandeng Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung, kegiatan pengabdian digelar dengan mengusung tema “Sosialisasi & Demo E-ticketing Secara Online” kepada ± 13 karyawan UPTD tersebut. Sosialisasi yang berlangsung di Ruang Seminar UPTD Taman Hutan Raya pada Kamis (21/3/2019), turut dihadiri Kepala Seksi Perlindungan, KSDAE dan Pemberdayaan Masyarakat UPTD Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung, Nunung Nurseha, S.P.

Kegiatan dikemas apik dalam bentuk penyuluhan diisi pemaparan materi oleh Dosen Prodi KA FTIK Unikom, diantaranya: 1) Dony Waluya Firdaus.,SE.,M.Si dan Hery Dwi Yulianto., ST., M.Kom dengan materi e-ticketing; 2) Supriyati., SE.,M.Si.,Ak.,CA dengan Materi CRM; Dan 3) Rio Yunanto., S.Kom.,M.T Dengan Materi Teknologi Informasi dalam Pengelolaan Kehutanan. Ketiga materi inilah yang menjadi fokus pengabdian sebagai bahan masukan guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang berkunjung ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung.

Mewakili Prodi KA FTIK dan Hima KA Unikom, Dony menuturkan jika diterapkannya sistem e-ticketing tidak hanya memberikan manfaat di bidang pelayanan saja tetapi secara manajemen pengelolaan akan mempermudah pencatatan tiket dan pelaporan penjualan tiket secara baik dan benar. Menurut rencananya, kedua belah pihak yakni Prodi KA FTIK Unikom dan UPTD Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda Bandung tengah melakukan pengkajian kerjasama sebelum nantinya akan dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Kegiatan penyuluhan sebagai gerbang awal terjalinnya kerjasama, diharapkan menjadi pemantik untuk dilakukannya terobosan baru terutama di bidang pelayanan mengingat Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung adalah salah satu icon sejarah Kota Bandung dan destinasi wisata alam yang selalu menarik minat banyak orang untuk mengunjunginya. (Direktorat Hms & Pro)

 

Kuisioner Tracer Study 2019: Isi Kuisioner Bertabur Hadiah
Kamis, 17 Oktober 2019
Informasi Lowongan Pekerjaan : Dremgen PTE LTD
Kamis, 17 Oktober 2019
Selamat dan Sukses atas Sidang Promosi Doktor Program Studi Pengembangan Kurikulum Dr. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd
Kamis, 17 Oktober 2019