Berita

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (IF) Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) UNIKOM TA 2024-2025

BANDUNG, UNIKOM – Alhamdulillah di tahun 2024 ini Program Studi Teknik Informatika (Prodi IF) Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) UNIKOM kembali mendapat kepercayaan masyarakat, itu terbukti dengan meningkatnya mahasiswa baru yang diterima pada program studi tersebut untuk Tahun Akademik 2024-2025.

Jumlah mahasiwa yang berhasil diterima di Prodi IF tahun ini adalah sebanyak 672 mahasiswa , yang merupakan paling banyak di antara semua prodi di lingkungan UNIKOM.

Ketua Program Studi Teknik Informatika FTIK UNIKOM, Hanhan Maulana, M.Kom., Ph.D. dalam sambutannya menyatakan, β€œSaya dengan bangga menyambut para mahasiswa baru karena dengan masuk ke jurusan Teknik Informatika berarti para mahasiswa baru akan ikut andil dalam perkembangan teknologi di masa yang akan datang, harapannya semoga para mahasiswa yang masuk tahun iniΒ  bisa lulus tepat waktu dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat”, demikian harapnya.

Lebih lanjut, Hanhan Ph.D. menjelaskan, mengenai perkuliahan di IF UNIKOM diakui mungkin akan sedikit berat, akan tetapi ia selalu sampaikan bahwa sejauh apa mahasiswa berkembang, itu tergantung dari diri mereka sendiri. Tugas para dosen adalah untuk selalu mengawal, menfasilitasi dan menjaga supaya para mahasiswa tersebut ada pada track yang benar.

Adapun tips supaya bisa lulus tepat waktu dan sukses di perkuliahan adalah disiplin, rajin, aktif dan juga yang tidak kalah penting lagi adalah menjaga attitude. Hal itu berarti, kuliah bukan semata-mata hanya untuk mempelajari hard skills akan tetapi juga perlu mengembangkan soft skills.

Dosen Teknik Informatika sejumlah 70 orang terdiri dari dosen tetap prodi, dosen layanan (satu universitas ), dan dosen luar biasa. Adapun Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi salah satunya adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan menganalisis persoalan computing serta menerapkan prinsip-prinsip computing dan disiplin ilmu yang relevan lainnya untuk mengidentivikasi solusi bagi permasalahan yang dihadapi organisasi.

Lulusan Program Studi Teknik informatika memiliki beberapa pilihan profesi di antaranya menjadi Data Scientis, Data Management System (Senior Systems Analyst, Database Administrator, Dll), Programming And Software Development (Software Engineer, Web Developer, Dll), Hardware And Digital Peripherals (Network Security Analyst, Digital Computer Technology Advisor, Network Administrator, System Administrator), IT Mobility and Internet of Things (Cloud Computing Developer, (Advance Mobile Computing) dan Artificial Intelligence (AI Engineer).

Program Studi Teknik Informatika adalah salah satu program studi di FTIK UNIKOM yang memilii status akreditasi unggul, dengan dilengkapi fasilitas yang lengkap seperti laboratorium dan perpustakaan. Selain itu juga menghasilkan banyak mahasiswa berprestasi di tingkat nasional dan internasional di bidang ICT. (Direktorat Hms & Pro)