Berita

Pencak Silat Unikom Raih Medali Emas dan Perunggu di Ajang Sumedang Larang Open Championship (SLOC) 2019

BANDUNG, UNIKOM- Prestasi membanggakan kembali diraih Pencak Silat Unikom di ajang “Sumedang Larang Open Championship (SLOC) 2019” yang berlangsung pada 27-29 April 2019 di GOR Universitas Sebelas April (UNSAP) Sumedang. Mendelegasikan enam orang mahasiswanya, Pencak Silat Unikom bertanding untuk kategori dewasa (mahasiswa dan umum) dan berhasil meraih enam medali diantaranya emas dan perunggu.

Prestasi tersebut terdiri dari dua medali emas yang disumbangkan oleh Muhammad Arif Budiman dan Ridwan Achmad Gazali (Program Studi Teknik Arsitektur). Empat mendali perunggu disumbangkan oleh Rizal Moh. Yusuf (Program Studi Teknik Arsitektur), Mela Sinta Dewi (Program Studi Sistem Informasi), Alvin Satria Nugraha dan Asep Jaenudin Sutarji (Program Studi Teknik Informatika).

Gelaran SLOC 2019 yang merupakan Kejuaraan Pencak Silat Tanding Pemasalan Tingkat Asia 2019 turut mempertandingkan beberapa kategori lainnya, yakni usia dini (SD), pra remaja (SMP), remaja (SMA) dan dewasa (Mahasiswa & Umum). Melansir laman radartasikmalaya.com, Kejuaraan SLOC 2019 ini diikuti 1.500 peserta pesilat dari seluruh Indonesia. Tahun ini SLOC 2019 mengusung tema “Melestarikan Pencak Silat sebagai Budaya Asli Indonesia yang Membentuk Generasi Muda Berprestasi dan Berakhlak Mulia”.

SLOC menjadi ajang rutin tahunan yang digagas ebagai media dalam melestarikan budaya-budaya Indonesia khususnya budaya Jawa Barat. Menilik keberadaan pencak silat sudah berkembang di dunia internasional seperti dalam ajang Sea Games, Asian Games, POM Asean dan kejuaraan dunia lainnya diharapkan melalui ajang SLOC 2019 selain para peserta dapat mengasah kemampuan pencak silatnya, para peserta termotivasi untuk bertanding di kompetisi lainnya seperti memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Jawa Barat & Piala Tetap Bupati Sumedang. (Direktorat Hms & Pro)