Berita

Pementasan Drama Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Unikom

BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Auditorium Miracle Kampus I Unikom, mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Unikom Angkatan 2016 sukses bermain peran dalam sebuah pementasan drama berjudul “The Phantom of the Opera”. Drama yang ditampilkan pada Kamis (31/01/2019) bergenre romantic tragis mengadaptasi salah satu novel terbaik karya Gaston Leroux, dimana dalam pementasannya berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris (Hima Sais) Unikom serta disaksikan oleh Ketua Program Studi Sastra Inggris Unikom, Dr. Retno Purwani Sari,S.S.,M.Hum.

Menurut Nurdita Afifah selaku Ketua Pelaksana, pementasan drama kali ini merupakan tugas akhir Mata Kuliah Prose, dimana ia bersama 21 orang mahasiswa lainnya merasakan sebuah proses yang tidak sederhana dalam mempersiapkan kegiatan ini. “Dari novel berjudul The Phantom of the Opera, kami harus bekerja sama membuat script, melakukan audisi untuk pemilihan pemeran utama dan pendukung, serta berbagai persiapan lainnya agar pementasan drama ini berjalan lancar, terlebih novel ini merupakan karya legendaris dari Gaston Leroux,” jelasnya.

Sementara itu, Nenden Rikma Dewi,S.S.,M.Hum selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Prose, mengapresiasi pementasan drama ini karena menurutnya drama memiliki keterkaitan dengan bidang keilmuan sastra khususnya pada konteks stage management. “…diharapkan melalui pementasan sebuah drama menjadi sarana mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan ilmunya secara langsung, karena dalam sebuah pementasan drama tidak hanya berbicara tentang mereka yang ada di depan panggung tetapi mengetahui peran orang-orang di belakang layar yang juga menjadi bagian dari stage management,” ujar Nenden.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa semakin terlatih dalam bekerja sama dengan sebuah tim, memotivasi mereka untuk selalu totalitas dan mempersembahkan yang terbaik pada setiap tanggung jawabnya di ranah akademik. Bahkan secara tidak langsung, mereka juga menambah pengalaman di dunia seni bermain peran. (Direktorat Hms & Pro)