Berita

Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi Accurate Pada Koperasi Pegawai Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (Kopkarlitan)

BANDUNG, UNIKOM – Salah satu tugas dosen yang disebutkan di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melakukan pengabdian masyarakat dosen di sejumlah daerah. Selama kegiatan pengabdian ini berlangsung biasanya dosen yang bersangkutan akan mengajak sejumlah mahasiswa. Khusus untuk kalangan mahasiswa jika mendapat tawaran tersebut maka bisa mengikutinya. Sebab manfaat yang didapatkan sangatlah beragam, sebesar manfaat dari kegiatan pengabdian masyarakat itu sendiri. 

Pengabdian kepada masyarakat telah dilakukan pada Koperasi Pegawai Balai Besar Penelitian Tanaman Padi atau disingkat “KOPKARLITAN”, pada Senin (27/6/2022). atas diperolehnya pendanaan yang telah diberikan oleh Universitas Komputer Indonesia melalui DP2M dengan surat perjanjian kerjasama Nomor 015/SP/DP2M/UNIKOM/V/2022 sehingga dapat terwujudnya Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan menggunakan Aplikasi Accurate dengan Ketua Tim Assoc. Prof. Dr. Ely Suhayati SE.,M.Si.,Ak.,CA dibantu oleh mahasiswa Program Studi Akuntansi sebanyak 3 orang yaitu Ahmad Irfan, Mirawati dan Nadya Adilah. KOPKARLITAN berlokasi di Jl. Raya 12 Sukamandi Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Assoc. Prof. Dr. Ely Suhayati SE.,M.Si.,Ak.,Ca mengatakan  “Pelatihan ini berfokus pada pengurus KOPKARLITAN dalam penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi Accurate. Pelaksanaan pengabdian ini melibatkan 12 pegawai di Koperasi Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, latar belakang pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan berawal dilakukannya wawancara dengan pengurus koperasi tentang Laporan keuangan yang dihasilkan saat ini menggunakan bantuan software Microsoft Excel, namun program ini belum dapat bekerja secara maksimal dan masih memiliki keterbatasan sumber daya manusia dalam melakukan penyusunan laporan keuangan yang dihasilkan sehingga sering mengalami keterlambatan.”ungkapnya

Lebih lanjut Elly menyampaikan di era modern seperti sekarang ini, segala sesuatu dapat dikerjakan dengan banyak kemudahan dan kenyamanan. Begitu pula dalam penyusunan laporan keuangan banyak segala perubahan yang dirasakan manfaatnya dengan adanya teknologi yang lebih maju dan modern. Salah satunya aplikasi akuntansi yang dapat memberikan kemudahan dalam pengoperasiannya yaitu Software Accounting Accurate.

Oleh karena itu, solusi yang akan diberikan untuk mengatasi permasalahan pada KOPKARLITAN adalah dengan diberikannya pelatihan penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi Accurate. Karena tehnik yang digunakan salah satunya survey ke lapangan, maka materi pengabdian kepada masyarakat disampaikan secara offline. Pencatatan transaksi di Accurate diproses secara real time processing, artinya proses dimana bisa langsung melihat efek dari transaksi yang baru saja di input terhadap posisi laporan keuangan perusahaan dan laporan pendukung lainnya.

Setelah dilakukan pelatihan penyusunan laporan keuangan menggunakan accurate, pengurus KOPKARLITAN dapat mengaplikasikan dan mengimplementasikan penggunaan aplikasi Accurate Accounting Software dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan perusahaannya, hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya evaluasi melalui post test,

Seiring dengan adanya pergantian Software pengelolaan data keuangan, yang awalnya menggunakan Microsoft Excel menjadi Accurate, pengurus koperasi merasakan manfaat pentingnya melek tekonologi, sehingga memudahkan dalam menyusun Laporan Akhir Tahun atas Kinerja Koperasi selama setahun secara terintegrasi.

Evaluasi kegiatan dilakukan secara keseluruhan melalui Post Test untuk menguji para Pengurus yang mengikuti pelatihan  dari awal sampai akhir dalam mengimplementasikan Aplikasi Accurate, sehingga dapat menghasilkan Laporan Keuangan secara Tepat Waktu.

Peranan Mahasiswa mengikuti PKM bersama dosen adalah sebagai pemicu terbentuknya peradaban yang maju, bagaimana membentuk peradaban yang maju? Yaitu dengan pengabdian masyarakat, kecil maupun besar sebuah pengabdian tidaklah membedakan karena pengabdian yang kecil sangat berpengaruh bagi masyarakat yang besar jika secara kontinu dilakukan. (Direktorat Hms & Pro)