BERITA

Pelatihan Optimalisasi Pelayanan Kepada Mahasiswa Bagi Sekretariat di Unikom

Rabu, 31 Oktober 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Unikom terus diupayakan secara kontinu dan saksama dari berbagai lini. Tidak hanya menggalakkan karya ilmiah berkualitas yang harus dihasilkan oleh para dosennya, perhatian penuh juga diberikan kepada karyawan khususnya mereka yang bergerak di bidang pelayanan kepada mahasiswa.

Seperti halnya dilakukan oleh Direktorat Quality Assurance Unikom, yang memberikan pelatihan “Optimalisasi Pelayanan kepada Mahasiswa” kepada seluruh Sekretariat Fakultas dan Program Studi di lingkungan Unikom, Kamis (25/10/2018) di Ruang L.018 Smart Building Unikom. Dr. Ely Suhayati, SE., M.Si., Ak., CA., selaku Direktur Quality Assurance, menuturhkan bahwa pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari telah dievaluasinya hasil kuisioner mahasiswa semester genap tahun akademik 2017/2018 melalui Sistem Informasi Pelayanan Kepada Mahasiswa (SIPKM).

“…berdasarkan hasil evaluasi pada SIPKM, kami coba menggali saran-saran yang diberikan oleh mahasiswa terhadap pelayanan sekretariatnya di Unikom, meskipun sejauh ini hasilnya tidak ada yang cukup dalam arti sudah di kategori baik, kegiatan ini tetap kami adakan agar sekretariat bisa lebih dan lebih optimal lagi dalam melayani mahasiswa,” ujar Ely.

Kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan kali kedua ini, secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Inovasi, Pengembangan dan Aset, Dr. Ir. Herman S Soegoto, MBA. Menurutnya, momen ini menjadi ajang evaluasi dan aktualisasi diri, mengingat sekretariat adalah bagian terdepan dari fakultas dan program studi yang bisa menggambarkan kondisi bidang terkait di dalamnya, baik fakultas maupun program studi. Kendati perbaikan kualitas pelayanan kerap dilakukan, perlu ditunjang dengan peningkatan kinerja dan wawasan tentang pelayanan agar dapat memberikan pelayanan lebih optimal dengan segenap hati.

Meski demikian, baik Ely maupun Herman sepakat memberikan apresiasi atas kinerja yang selama ini telah didedikasikan kepada Unikom. “Bagi yang sudah baik, tetap pertahankan dan tingkatkan kualitasnya, jangan anti terhadap masukan orang selama itu positif dan teruslah belajar serta perbaiki diri jika memang ada yang kurang baik,” jelas Herman.

Memasuki agenda inti, para sekretariat mendapatkan pelatihan tentang “Melayani Mahasiswa dengan Optimal” oleh Prof. Cecep Darmawan, S.Pd.,S.IP.,M.Si.,M.H, dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dalam pemaparannya, Cecep membahas mulai dari akar problematika dalam pelayanan publik, nilai dasar etika pelayanan, internpersonal dan intrapersonal skill, hingga cara merubah paradigma pelayanan kepada mahasiswa dimana hal ini perlu ditunjang dengan standar layanan atau SOP yang dimiliki setiap lembaga termasuk perguruan tinggi. Lebih lanjut, Cecep menekankan perlunya softskill bagi tenaga kependidikan dan staf administrasi di perguruan tinggi.

“…penerapan good university governance dan reinventing government adalah salah satu paradigma yang harus dibangun, seiring dengan keterbukaan informasi kepada publik yang bisa mendorong perwujudan suatu kampus menjadi profesional, bersih, dan baik, karena kampus bukan lembaga yang imun terhadap kritik dari luar,” jelasnya. Ia pun menekankan, baik soft skill maupun hard skill keduanya perlu dimiliki oleh setiap SDM agar bisa optimal dalam bekerja di bidangnya masing-masing.

Akhir dari pelatihan tersebut sebagai tanda cinta kasih, Direktorat Quality Assurance memberikan reward kepada beberapa sekretariat terpilih yang telah memberikan dedikasi terbaik dalam pelayanan kepada mahasiswa. Penghargaan tersebut terbagi atas tiga kategori berdasarkan cakupan prodi dengan jumlah mahasiswanya, antara lain: 1) Kategori Prodi Besar: Ani Nuraeni, S.E (Prodi DKV); Arlene Mariana, A.Md (Prodi DKV); Lisna Djuhaeti, A.Md (Prodi Sistem Informasi); 2) Kategori Prodi Sedang: Dwi S. Endah Susanti, S.E ( Prodi IHI); Christiarini Tri Martiaswati, S.I.Kom (Prodi Sastra Jepang); Fitri Nenden Tresnaati, S.IP (Prodi DI); dan 3) Kategori Prodi Kecil: Seni Lisnawaty, A.Md (Prodi Akuntansi D3); Ai Rinawati, A.Md (Prodi IP); Mira Suci Mutiarasari, S.S (Prodi Magister Desain). (Direktorat Hms & Pro)

Unikom Awali Aktivitas dengan Kegiatan Halal Bihalal 1440 H
Selasa, 18 Juni 2019
Open House Idul Fitri 1440 H: Pererat Tali Silaturahim antar Civitas Akademika Unikom
Senin, 17 Juni 2019
Selamat Hari Raya Idul Fitri - 1 Syawal 1440 H
Rabu, 05 Juni 2019