Berita

Nahkoda Baru KPM Unikom Periode 2018/2019

BANDUNG, UNIKOM- Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Unikom menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari kepengurusan periode 2017/2018 ke periode 2018/2019. Prosesi sertijab yang berlangsung di Auditorium Miracle Kampus I Unikom, Kamis (17/1/2019), secara simbolis ditandai dengan pelepasan pin protokoler yang dikenakan M. Rizky Risman (Ketua KPM Periode 2017/2018) untuk selanjutnya disematkan kepada Jofan Mulyawan Putra (Ketua KPM Periode 2018/2019) oleh Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si.

Melalui sambutannya, Desayu mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan kontribusi yang telah diberikan oleh KPM Unikom pada periode 2017/2018 yang dipimpin oleh Risman. Dirinya menilai telah banyak gebrakan baru yang diciptakan melalui program kerja inovatif dan kreatif sehingga KPM Unikom semakin dikenal khalayak luas atas kontribusi pada berbagai kegiatan dan prestasinya.

“Saya mengapresiasi karena KPM Unikom terus menunjukan kemajuan setiap tahunnya, jangan ragu untuk sharing dengan pembina maupun kepengurusan sebelumnya sebagai gambaran dalam melangkah dan menjalankan roda organisasi yang bukan sekedar fun, karena ketika diberikan kepercayaan dan tanggung jawab maka lakukan semaksimal mungkin, buktikan kepemimpinannya, lakukan uji kemampuan diri, sehingga diharapakan pada periode yang baru KPM Unikom semakin banyak mencetak pencapaian yang lebih baik setiap tahunnya,” tutur Desayu.

Sementara itu, mewakili kepengurusan KPM Unikom periode 2017/2018, Risman menyampaikan pengalamannnya memimpin salah satu UKM di Unikom. Menurutnya, berkiprah di KPM Unikom telah memberikan banyak pelajaran berharga, seperti loyalitas, kerja sama, dedikasi, dan membangun tim yang solid untuk mensukseskan berbagai kegiatan universitas, fakultas, program studi, maupun sesama organisasi kemahasiswaan, tanpa mengesampingkan sisi akademik dan program kerja yang mereka kemas secara kreartif juga inovatif,

Hal senada pun diungkapkan Jofan, sebagai ketua baru yang menahkodai KPM Unikom di tahun ini dirinya berharap agar di masa kepemimpinannya dapat merealisasikan gebrakan yang lebih baik dari sebelumnya. “…semua ini tidak mungkin saya lakukan sendiri, karena itu saya berharap KPM Unikom selalu mempertahankan kekompakan dalam berorganisasi, dedikasi tinggi, loyalitas, dan ide-ide kreatif yang semakin dimunculkan untuk membawa organisasi ini ke arah yang lebih baik, karena KPM Unikom memiliki kontribusi pada peningkatan citra Unikom dimata publik,” ucap Jofan.

Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, prosesi sertijab yang dihadiri seluruh anggota KPM Unikom serta perwakilan KPM Sahabat dari Universitas Islam Bandung (Unisba) dan IKIP Siliwangi, turut menggelar sertijab Pembina KPM Unikom secara simbolis melalui pembacaan SK Pelantikan Pembina KPM Unikom oleh Direktur Humas dan Protokoler dilanjutkan penyerahan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dari Arif Try Cahyadi, M.Ds (Pembina KPM Periode 2015-2018) kepada Ismyuli Tri Retno, S.I.Kom (Pembina KPM Periode 2018-2020).

Tak lupa, sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi yang telah diberikan untuk KPM Unikom, dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada Pembina KPM Unikom Periode 2015-2018, serta jajaran pengurus inti KPM Unikom periode 2017/2018. Guna mengapresiasi dan memberikan motivasi bagi KPM Unikom kedepannya, dilakukan pemberian penghargaan kepada sejumlah anggota berdasarkan beberapa kategori, diantaranya: 1) Program Kerja Terbaik; 2) Anggota Terloyal; 3) Anggota Tersabar; 4) Anggota Terpupuler; dan 5) Anggota Berprestasi.

Rangkaian sertijab KPM Unikom diakhiri pemberian penghargaan kepada KPM Sahabat, foto bersama, dan ramah tamah. Telah resminya nahkoda baru KPM Unikom diharapkan dapat menjadikan organisasi yang lebih baik, totalitas dalam setiap keterlibatannya di berbagai kegiatan, serta menjadi bagian untuk bersama-sama membangun Tim Protokoler Unikom dan citra positif Unikom dimata khalayak luas. (Direktorat Hms & Pro)