Berita

Menteri BUMN Republik Indonesia Hadiri Wisuda Unikom ke – 36 Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021

BANDUNG, UNIKOM - Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung resmi melantik 1.087 lulusannya melalui prosesi Sidang Terbuka Senat dalam acara Wisuda Unikom ke – 36 Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, disaksikan oleh orang tua atau wali wisudawan/ti dengan suasana yang hikmat, sakral dan penuh kebahagian. Lebih special lagi, untuk pelaksanaan wisuda semester genap ini adalah kehadiran dari Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir, B.A., MBA.

Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS sebagai Penanggung Jawab dan Ketua Pelaksana Wisuda Semester Ganjil TA 2020/2021 mengucapkan “selamat atas keberhasilan perjuangan wisudawan/ti yang telah mampu menyelesaikan masa studinya di Unikom. Desayu juga melaporkan bahwa jumlah wisudawan/ti Semester Genap TA 2020/2021 Jumlah Wisudawan Pasca Sarjana sebanyak 27 Wisudawan, Jumlah Wisudawan Program Beasiswa Unggulan sebanyak 16 wisudawan, Jumlah Wisudawan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer 355 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 267 wisudawan, Fakultas Hukum 16 Wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 201 wisudawan, Fakultas Desain 167 wisudawan, dan Fakultas Ilmu Budaya 38 wisudawan dengan total keseluruhan adalah 1.087 wisudawan/ti.

Desayu mewakili Unikom mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik kepada seluruh tim yang terlibat, Kesuksesan Wisuda tidak terlepas dari peran serta kolaborasi tiga Direktorat, Direktorat Humas dan Protokoler bertanggung jawab untuk pengadaan talent dan rangkaian acara sesuai protokolan yang ditetapkan, Ditektorat AP2SC bertanggung jawab pada sound dan lighting dan Direktorat PT UKM Unikom bertanggung jawab pada pendokumentasian, kerjasama wisudawan/ti beserta Orang tua juga turut mendukung kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Wisuda tersebut. 

Desayu berharap, semoga Ilmu Pengetahuan, pengalaman dan wawasan yang diperoleh selama menempuh studi, dapat bermanfaat dan menjadi bekal dalam menghadapi kompetisi di kehidupan nyata yang akan dijalani, kami percaya, saudara/ri akan mampu berperan serta untuk berpartisipasi menjadi bagian dalam mempertahankan nama baik Kampus dan Pembangunan Nasional”ungkap Desayu.

Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T, dalam pidatonya mengungkapkan bahwa pelaksanaan Wisuda ke 36 Semester Genap T.A 2020/2021 ini sekaligus melepaskan para Wisudawan – Wisudawati untuk mendarmabaktikan ilmunya ketengah – tengah masyarakat luas, masyarakat heterogen dengan berbagai pilihan kebutuhan akan sumber daya manusia di tengah masyarakat. Wisuda ini selain menjadi hari yang bersejarah juga untuk menghormati pencapaian para Wisudawan/i. Eddy Juga mengatakan bahwa tantangan berikutnya yang akan Wisudawan/i hadapi  selepas diwisuda ini adalah menentukan roadmap kehidupan para wisudawan/ti apakah akan melamar pekerjaan pada suatu intansi atau perusahaan, atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, atau bahkan menciptakan lapangan pekerjaan baru sebagai seorang Entrepreneur.”ungkapnya

Eddy menuturkan, Wisuda kali ini sekaligus mengisi dies natalis Unikom yang ke – 21 ata 2,1 Dasarwarsa berdirinya Unikom. Dalam kurun waktu 2 Dekade tersebut berbagai prestasi dan kinerja unggul yang mengharumkan nama bangsa telah dihasilkan Unikom. Prestasi dan Kinerja unggul tersebut antara lain : 1) 100 PT Terbaik Indonesia 2019-2021 (Webometrics, 4ICU, SCImago & Kemenristekdikti Kemendikbud), 2) Meraih International Award 90++, 3) Meraih National Award 200++. 4) Akreditasi Unggul, A, Baik Sekali 5) Perpustakaan Akreditasi A 6) Universitas Terbaik HKI (Hak Kekayaan Intelektual) 7) 10 Jurnal Internasional dan 8) 32 Jurnal Nasional SINTA.

Lebih lanjut, Eddy menyampaikan dari 1.087 Wisudawan terbaik (Best of the Best) tingkat Universitas untuk S1 dan S2 berturut – turut diraih oleh 1) Muhammad Ramli Fajar Program Studi Sistem Informasi, IPK 4.00, 2) Muhammad Ferdy Sendria Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, IPK 3.99, 3) Reandini, Syu’ara Dewi, Program Studi Magister Desain, IPK 3,98. IPK Tertinggi untuk program Diploma-3 diraih oleh : Annisa Nur Khofifah dari Program Studi Akuntansi dengan IPK 3,96.”ungkap Eddy

Menteri BUMN Erick Thorir menyampaikan ucapan selamat sekaligus memberikan semangat kepada para wisudawan Universitas Komputer Indonesia untuk terus mengembangkan diri guna menghadapi tantangan mendatang ditengah perekonomian di masa pandemi Covid – 19. “Bagi para wisudawan, jangan jadikan wisuda sebagai akhir dari perjuangan, melainkan ini adalah momen awal untuk menghadapi tantangan besar yang ada di masa depan, Setelah masa pandemi Covid-19, Indonesia akan berhadapan dengan tantangan ekonomi, teknologi, globalisasi, dan bukan tidak mungkin akan ada pandemi kembali.” Ujar Erick Thohir dalam sambutan Pelaksanaan Wisuda Unikom ke - 36.


Erick Thohir juga mengatakan “Sebagai anak muda, kalian merupakan ujung tombak bangsa, jangan pernah berhenti berkontribusi bagi negeri yang kita cintai, bahwa pemerintah saat ini tengah menyiapkan ekosistem yang baik untuk mendorong pertumbuhan sektor perdagangan, investasi, jasa, pariwisata, maritim, pertanian, dan sektor-sektor lainnya. Program ini tidak akan berhasil tanpa dukungan masyarakat, diantaranya para lulusan Unikom yang tentu telah siap berkontribusi bagi negeri. Kami mencari talenta terbaik untuk bergabung kepada kami untuk membuat BUMN kita menjadi terbaik dalam persaingan global,” ujarnya.

Kehadiran Erick Thohir pada wisuda semester Genap TA 2020/2021 Tidak hanya memberikan sambutan saja namun, Rektor Unikom pun memberikan penghargaan kepada Menteri BUMN Republik Indonesia tersebut dan diperlihatkan Robot Icon Unikom Nakula dan Sadewa yang merupakan salah satu robot karya mahasiswa Unversitas Komputer Indonesia (Unikom) menyalami tangan Erick Thohir Menteri BUMN Republik Indonesia. Robot tersebut menyalami Erick Thohir, usai Erick mendapat penghargaan dari Rektor Unikom Robot Nakula dan Sadewa robot ikon Unikom sengaja menyalami Erick Thohir sebagai ungkapan terima kasih terhadap Erick Thohir atas kehadirannya pada pelaksanaan Wisuda Unikom ke – 36 Semester Genap TA 2020/2021 Unikom.

Usai prosesi pelantikan wisudawan, tentunya tantangan yang harus dihadapi oleh para lulusan adalah untuk masuk ke universitas masyarakat Jadilah wisudawan dengan pribadi yang unggul secara intelektual, anggun secara moral, kompeten menguasai IPTEK, berjiwa sosial dan memiliki komitmen yang tinggi untuk memajukan bangsa dan Negara Indonesia.  Selamat menempuh hidup bermasyarakat, selamat berjuang selamat bekerja dan berprestasi. (Direktorat Hms & Pro)