BERITA

Mengkaji Pengembangan Kerja Sama Indonesia Dengan Negara Visegrad

Jumat, 16 November 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Universitas Komputer Indonesia (Unikom) menjadi tuan rumah kegiatan “Pertemuan Kelompok Ahli (PKA)” yang diadakan Bidang Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) bekerja sama dengan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) Unikom. Kegiatan digelar di Auditorium Lantai 17 Smart Building Unikom, Kamis (8/11/2018), diikuti ± 80 peserta termasuk diantaranya mahasiswa Prodi IHI Unikom dengan bahasan utama terkait “Strategi Peningkatan Kerja Sama Ekonomi Indonesia dengan Negara-Negara Visegrad”.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unikom, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra.,S.E.,M.Si, yang hadir mewakili Unikom mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi momentum berharga karena menghadirkan para pakar di bidangnya untuk mengulas bahasan menarik. “…semoga mahasiswa dapat termotivasi untuk selalu belajar dari pandangan dan wawasan yang disampaikan narasumber serta menjadikannya pembelajaran,” tuturnya.

Plt. Pusat P2K2 Amerika dan Eropa BPPK Kemlu RI, Drs. Dindin Wahyudin, DEA, menyampaikan pihaknya telah memaparkan kajian mandiri yang dilakukan berkaitan dengan hubungan kerja sama Indonesia dengan negara-negara Visegard, yakni aliansi dari empat negara Eropa Tengah diantaranya Republik Ceko, Hungaria, Polandia dan Slowakia. “Hal ini sejalan dengan program Presiden Jokowi yang telah mencanangkan pasar non tradisional dimana negara Visegard adalah tujuan kami di pasar non tradisional terlebih kerja sama Indonesia selama ini masih dikatakan terbatas artinya Indonesia memiliki potensi yang bisa digali melalui pertemuan ini,” jelasnya.

Upaya penggalian potensi dilakukan melalui sesi diksusi paralel guna mencari terobosan pengembangan kerja sama Indonesia dengan negara-negara Visegard, dipandu oleh moderator Andrias Darmayadi, S.IP.,M.Si.,Ph.D selaku Direktur Kemahasiswaan, menghadirkan narasumber kompeten, diantaranya: 1) Dr. Windratmo (Kepala Bidang Kerja Sama Intra Kawasan dan Antar-Kawasan Amerika dan Eropa, Pusat P2K2 Amerika dan Eropa, BPPK Kemlu RI); 2) Prof. Dr. Hj. Aelina Surya, Dra (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Bidang Kajian Wilayah Eropa); 3) Bapak Ismet Inono (Direktur/Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Probinsi Jawa Barat); dan 4) Agung Suryamal, S.H (Ketua Kadin Provinsi Jawa Barat). Melalui kegiatan ini diharapkan menjadi awal yang baik untuk dapat menghasilkan input positif yang bermanfaat sesuai dengan tujuannya yakni mengembangkan kerja sama Indonesia dengan negara-negara Visegrad. (Direktorat Hms & Pro)

Belajar Bahasa dan Budaya Jepang di Japan Corner Perpustakaan Unikom
Rabu, 19 Juni 2019
Unikom Awali Aktivitas dengan Kegiatan Halal Bihalal 1440 H
Selasa, 18 Juni 2019
Open House Idul Fitri 1440 H: Pererat Tali Silaturahim antar Civitas Akademika Unikom
Senin, 17 Juni 2019