BERITA

Liga Mahasiswa Ajak Mahasiswa Unikom Menilik Industri Olahraga di Indonesia

Sabtu, 30 Maret 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Lebih dari 150 mahasiswa Universitas Komputer Indonesia (Unikom) memadati Auditorium Miracle Kampus I Unikom guna mengikuti “Pelatihan dan Workshop Liga Mahasiswa” pada Kamis (28/3/2019). Kegiatan yang dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unikom Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra.,S.E.,M.Si, Guru Besar Unikom, Prof. Dr. Hj. Aelina Surya, Dra, dan Direktur Kemahasiswaan Unikom, Andrias Darmayadi, S.IP.,M.Si.,Ph.D, sukses digelar sebagai bentuk kerja sama antara Unikom dengan Liga Mahasiswa, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang olahraga.

Menurut Umi dalam sambutan pembukanya, pelatihan dan workshop Liga Mahasiswa yang mayoritas diikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unikom di bidang olahraga, memiliki keterkaitan yang sangat erat karena selama ini mahasiswa Unikom sudah banyak mencetak prestasi di ranah tersebut. “…tentunya hal ini menjadi salah satu kebanggaan karena prestasi mahasiswa Unikom di bidang olahraga sangat bagus, sehingga diharapkan mahasiswa semakin termotivasi untuk selalu mendukung berbagai kegiatan Unikom serta mengharumkan nama Unikom di kancah nasional maupun internasional salah satunya melalui prestasi olahraganya,” tuturnya.

Memasuki agenda inti, CEO Liga Mahasiswa Bapak Ryan Gozali menyampaikan materi tentang “Industri Olahraga dan Manajemen Olahraga”. Menurutnya, terdapat tiga hal utama dalam manajemen olahraga, yakni: 1) Sport Management; 2) Sport Marketing; dan 3) Sport Industry. Mengusung bendera Liga Mahasiswa, Ryan telah menggelar kompetisi antar mahasiswa dengan cakupan nasional yang digelar di 11 kota di Indonesia karena menurutnya olahraga menjadi ladang yang menjanjikan di masa depan. Beberapa cabang olahraga yang pernah digelar Liga Mahasiswa adalah bulutangkis, futsal, basket, renang, voli, dan sepak bola.

“…industri olahraga ini memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan karena itulah Liga Mahasiswa hadir sejak 15 Mei 2012 untuk menjadi wadah bagi para mahasiswa dalam pengembangan diri melalui hard skill atau softskill dan kami berupaya untuk ikut mengembangkan industri ini di Indonesia,” jelasnya. Ryan menambahkan, inisiasinya menggagas kegiatan ini di Unikom sejalan dengan partisipasi aktif mahasiswa Unikom pada Liga Mahasiswa dibuktikan dengan prestasi mahasiswa yang banyak diraih dari beberapa cabang olahraga. “Kami menilai inilah saatnya yang tepat untuk memberikan feedback atau timbal balik positif bagi Unikom dengan berbagi ilmu bersama rekan-rekan mahasiswa,” tambahnya.

Agenda di sesi berikutnya diisi dengan pemaparan materi tentang “Publication and Sponsorship” yang disampaikan oleh Bapak Achmad Lanang, General Manager Umbro Indonesia. Seorang akademisi komunikasi yang pernah berkarir di media ini telah aktif melalukan riset di industri media olahraga di Indonesia. Sesuai dengan materi yang diusungnya, Achmad pun secara terbuka menjelaskan berbagai aspek publikasi dan sponsorship dalam industri tersebut.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa Unikom semakin terbuka wawasannya dalam mengenal industri olahraga di Indonesia, sehingga tidak hanya sukses mencetak prestasi di lapangan tetapi memahami tata manajerial dalam bidang olahraga. (Direktorat Hms & Pro)

Kuisioner Tracer Study 2019: Isi Kuisioner Bertabur Hadiah
Kamis, 17 Oktober 2019
Informasi Lowongan Pekerjaan : Dremgen PTE LTD
Kamis, 17 Oktober 2019
Selamat dan Sukses atas Sidang Promosi Doktor Program Studi Pengembangan Kurikulum Dr. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd
Kamis, 17 Oktober 2019