BERITA

Kupas Tuntas Dunia Animasi Melalui “Seminar Anifestkom” 2019

Sabtu, 29 Juni 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Memasuki hari kedua perhelatan Animasi Festival Unikom (AniFestKom) 2019, telah berlangsung rangkaian seminar bertajuk “Seminar AniFestKom” di Auditorium Lantai 17 Smart Building Unikom, Jumat (28/6/2019). Kegiatan tersebut berhasil menarik antusiasme ± 450 peserta yang hadir dari kalangan pelajar, mahasiswa, komunitas, hingga akademisi yang memiliki ketertarikan terhadap dunia animasi.

Sesi pertama “Seminar AniFestKom” yang dipandu oleh Bapak Soni Adi Purnomo (Bidang Kerjasama Asosiasi Industri Animasi dan Kreatif Indonesia) mengulas tentang ‘Kiko From Animation to Game’ dengan menghadirkan pembicara kompeten di bidangnya yakni Bapak Albertus Agung (Project Manager MNC Games). Melalui pemaparannya, Albertus Agung atau kerap disapa “AG” menceritakan perjalanan awal ‘Kiko’ sebagai serial animasi produksi dalam negeri yang telah menghiasi layar kaca Indonesia. Tidak hanya menjadi tokoh serial animasi, saat ini ‘Kiko’ pun bertansformasi ke dalam sebuah game bernama ‘Kiko Run’.

Selain itu, AG juga akan menjadi juri di Indonesia Reallusion Award 2019. "Berkarir dalam industri animasi merupakan impian sebagian besar orang di bidang kreatif, Semoga sharing pengalaman kami dalam Animasi dan Game dapat memberikan inspirasi positif untuk teman-teman dalam industri ini,” ujarnya.

Agenda berlanjut pada sesi kedua yang dipandu oleh salah satu Dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Unikom, Yulli Ambarsih Ekawardhani, M.Sn sebagai moderator. Sesi ini menghadirkan Bapak Daryl Wilson (Ketua AINAKI), yang mengulas lebih dalam tentang dunia animasi, mulai dari perkembangannya hingga peluang kerja animasi di Indonesia lengkap dengan tips untuk dapat terjun ke industri ini. Selanjutnya juga hadir Bapak Eki N.F (MPIC Animation) yang mengorbitkan serial animasi “Adit, Sopo, Jarwo”, bahkan karya anak bangsa dengan ciri khas kultur lokalnya ini berhasil diterbangkan ke kancah internasional.

Kegiatan yang berlangsung hingga sore hari, ditutup sesi ketiga “Seminar AniFestKom” dengan menghadirkan dua pembicara yakni Sdr. Angga Kresna (Om perlente) yang menjelaskan pemanfaatan platform media sosial serta membuat hal trend dalam animasi dan Sdr. Andri Jin (Cerita Tessa) yang mengulas tentang virtual youtuber hingga menanfaatkan media tersebut sebagai platform video animasi.

Ketua Divisi Animasi dan Multimedia Unikom sekaligus Ketus Pelaksana AniFestKom 2019, Bapak Robby UL Pratama, memberikan apresiasi positif atas keberhasilan kegiatan ini karena dapat menarik animo generasi muda, sehingga menjadikan track record positif untuk pelaksanaan festival animasi yang diselenggarakan oleh Unikom. Robby pun memberikan cinderamata dan sertifikat kepada seluruh pembicara dan moderator yang telah memberikan dukungan untuk AniFestKom 2019. Ajang ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai sarana untuk menggali wawasan dan pengalaman di bidang animasi. (Direktorat Hms & Pro)

Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019
Unikom Gelar Pengarahan Penerimaan Beasiswa Tahun 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Education Trip Program Studi Ilmu Komunikasi ke Bangkok, Thailand
Jumat, 18 Oktober 2019