BERITA

Kunjungan Universitas Megow Pak Tulang Bawang Lampung: Belajar dan Berkaca dari Unikom

Sabtu, 13 Oktober 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Sebanyak 48 mahasiswa Universitas Megow Pak Tulang Bawang Lampung dari Program Studi Ilmu Hukum dan Prodi Teknik Informatika beserta jajaran dosen pendampingnya disambut hangat di Ruang L.018 Smart Building  saat berkunjung ke Universitas Komputer Indonesia (Unikom). Kedatangannya dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang digagas kampus tersebut, secara langsung disambut oleh Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si, Ketua Prodi Ilmu Hukum Unikom, Dr. Sahat Maruli T Situmeang, S.H.,M.H, dan Ketua Prodi Teknik Informatika Unikom, Irawan Afrianto, S.T.,M.T.

Menurut Darsin, MTI selaku Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Megow Pak Tulang Bawang Lampung, pihaknya mengucapkan terima kasih atas sambutan luar biasa dengan harapan kunjungannya ke Unikom bisa mendapatkan inspirasi yang menjadi ‘oleh-oleh’ berharga untuk dibawanya pulang ke Lampung. Hal senada juga diutarakan Siti Soleha, S.H selaku Ketua Prodi Ilmu Hukum Universitas Megow Pak Tulang Bawang Lampung,

“…kami adalah universitas yang sangat muda, meski berdiri di wilayah kabupaten tapi kami optimis dan berusaha melakukan berbagai peningkatan kualitas salah satunya melalui kunjungan seperti ini, mudah-mudahan pertemuan ini bisa memberikan kami semangat baru dan ilmu baru yang bisa dijadikan motivasi dosen dan mahasiswa di Lampung untuk menjadi lebih baik lagi,” jelasnya.

Merujuk pada harapan tersebut, sejumlah pimpinan Unikom yang hadir pun memberikan banyak informasi kepada tamu kunjungan sesuai dengan bidang-bidang yang dituju. Pengenalan sekilas tentang Unikom disampaikan oleh Desayu, mulai dari sejarah, visi misi, berbagai prestasi hingga keunggulan Unikom yang menjadi ciri khas dan pembeda dari kampus lainnya. “Kami mengusung nama ‘komputer’ karena seluruh mahasiswa Unikom dari berbagai program studi, dibekali mata kuliah berbasis aplikasi komputer baik hardware maupun software, sehingga mereka mempunyai kompetensi tambahan yang diperlukan sesuai kebutuhan dunia industri, dilengkapi kompetensi kewirausahaa serta animasi dan multimedia,” ujarnya.

Selain itu, Budaya Unikom PIQIE (Professionalism, Integrity, Quality, Information Technology, Excellence) telah menjadi landasan bagi Civitas Akademika Unikom dalam menjalankan setiap aktivitasnya. “Budaya organisasi tersebut kami berupaya untuk diterapkan menjadi pribadi profesional, menerapkan kejujuran yang senantiasa melakukan peningkatan kualitas secara berkelanjutan, baik dari sisi SDM, sarana dan prasarana, serta ditunjang dengan penerapan IT, dan tentunya langkah nyata excellence dalam berbagai hal,” tambah Desayu.

Memasuki bahasan yang lebih fokus mengenai Teknik Informatika, Irawan memaparkan penjelasan rinci terkait program studi yang tengah dipimpinnya. “Prodi Teknik Informatika atau IF menjadi prodi yang jumlah mahasiswanya terbesar di Unikom, bis dikatakan student body di Unikom, misalnya saja pada tahun akademik ini kami menerima 450 mahasiswa baru dari 2.266 total mahasiswa yang masuk ke Unikom,” ujar Irawan. Lebih lanjut, ia menjelaskan sistem terintegrasi Unikom, Executive Informations System (EIS) yang bisa diakses oleh pejabat struktural Unikom untuk bisa melakukan pemantauan berbagai data di lingkungan kerjanya.

Bahasan selanjutnya tentang Prodi Ilmu Hukum Unikom disampaikan oleh Sahat Maruli. Pihaknya menyebut, Prodi Ilmu Hukum Unikom berupaya untuk menjadi pusat Cyber Law terlebih saat ini Unikom juga mempunyai Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH). “…dalam hal ini, kami bisa membantu masyarakat atau Civitas Akademika di lingkungan Unikom yang dianggap tidak mampu menjalankan hak dan kewajiban secara hukum seperti di pengadilan, sejauh ini sekitar sepuluh perkara sudah kami tangani karena LKBH ini turut bekerja sama dengan para dosen dan advokat dari kantor hukum, juga Peradi dalam mengadakan pendidikan profesi advokat,” jelasnya.

Usai pengarahan dan sesi tanya jawab, agenda dilanjutkan pada penyerahan cinderamata dan tayangan sekilas Unikom untuk mengenal berbagai fasilitas yang belum tersampaikan secara lisan. Akhir dari kunjungan, dilakukan tour campus ke Lantai 11 Smart Building Unikom guna melihat berbagai ruangan Fakultas Hukum Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019
Unikom Gelar Pengarahan Penerimaan Beasiswa Tahun 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Education Trip Program Studi Ilmu Komunikasi ke Bangkok, Thailand
Jumat, 18 Oktober 2019