BERITA

Kunjungan SMK Paramarta 2 Lampung ke UNIKOM

Selasa, 17 Oktober 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Universitas Komputer Indonesia (Unikom) menyambut kunjungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Paramarta 2 Lampung, pada Senin (16/10) pukul 09.00 WIB di Ruang L.018 Smart Building Unikom. Kegiatan yang diikuti oleh 85 siswa kelas XII dari Jurusan Teknik Komputer Jaringan, Administrasi Perkantoran, dan Akuntansi, serta di dampingi oleh 10 tenaga pendidik, merupakan ajang studi kampus untuk memperluas pengetahuan guna menjadi bekal para siswa di masa yang akan datang mengenai Perguruan Tinggi di Indonesia salah satunya Unikom.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Unikom dan seluruh jajarannya yang telah menerima kunjungan dari SMK Paramarta 2 Lampung dalam rangka studi kampus. Unikom adalah kampus yang terkenal dan namanya sudah menggaung di Lampung, sehingga kami memilih Unikom sebagai satu-satunya perguruan tinggi yang dikunjungi di Kota Bandung dengan harapan para siswa bisa terbuka wawasannya dan memperoleh pengetahuan baru, khususnya kemajuan dan perkembangan di bidang teknologi dan komputer yang banyak diterapkan Unikom,” ujar Chavid Sayuti, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Paramarta 2 Lampung.

Penyambutan kunjungan dihadiri oleh Direktur Humas dan Protokoler, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si. Beliau memberikan sambutan pembuka sekaligus pengenalan sekilas tentang Unikom mulai dari sejarah, visi, misi, tujuan, jumlah mahasiswa, fakultas dan program studi, stuktur organisasi Unikom, hingga ciri khas Unikom sebagai kampus terdepan dan pusat unggulan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). “Unikom adalah kampus yang masih terbilang muda, karena pada 8 Agustus 2017 lalu baru menginjak usia ke 17 tahun. Tetapi Unikom siap bersaing dengan perguruan tinggi lainnya melalui pengembangan kualitas pembelajaran, kurikulum, SDM, termasuk sarana dan prasarana untuk menghasilkan lulusan yang unggul di bidangnya masing-masing. Bahkan, Unikom pun senantiasa membekali mahasiswa dari seluruh program studi dengan mata kuliah berbasis komputer aplikasi yang dipelajari sejak semester satu hingga tujuh sesuai kebutuhan keilmuannya, baik di bidang software, hardware, dan animasi multimedia,” tuturnya.

Lebih lanjut Desayu menambahkan, Unikom pun mengeksplor kemampuan mahasiswa untuk menjadi lulusan yang bisa menggali kreativitas dan jeli melihat peluang dengan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri yang memanfaatkan ilmu dari mata kuliah Entrepreneurship. Sehingga lulusan Unikom yang memiliki jiwa entrepreneur dapat memberikan kontribusi positif dengan mengurangi angka pengangguran melalui lapangan pekerjaan baru yang diciptakannya. Menutup sambutannya, Desayu menyampaikan bahwa Unikom dengan senang hati serta terbuka menunggu kehadiran siswa/i SMK Paramarta 2 Lampung yang tertarik untuk bersama-sama menggali ilmu, menciptakan karya, hingga menorehkan prestasi di tingkat nasional maupun internasional bersama Unikom.

Selanjutnya, pengarahan mengenai smart campus Unikom disampaikan oleh Direktur ICT dan Multimedia, Taryana Suryana, S.T., M.Kom terkait sistem IT Unikom serta beberapa fasilitas online Unikom, antara lain: 1) Website; 2) Jejaring Sosial Kampus; 3) Blog Komunitas Kampus; 4) Kuliah Online; 5) Nilai Online; 6) Dashboard Mahasiswa; 7) Perwalian Online; 8) Berita Kampus; 9) Sistem Sign On (SSO); dan berbagai fasilitas online lainnya hingga alat bantu belajar dan media belajar yang berbasis teknologi. “Saat ini, rata-rata aktivitas di kampus Unikom sudah berbasis online, hal ini disesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat serta visi unikom menjadi kampus berwawasan global dengan mengedepankan IPTEK. Bahkan, sistem SSO yang sudah diterapkan dalam tiga tahun terakhir dapat memberikan kemudahan para mahasiswa karena hanya dengan satu akun bisa melakukan login ke seluruh faislitas online Unikom,” ujar Taryana.

Tak hanya itu, Taryana pun menginformasikan beberapa Divisi Unikom yang bisa diikuti oleh para mahasiswa dimana divisi tersebut secara khusus berkonsentrasi pada kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional, antara lain: 1) Robotika; 2) Roket; 3) ERG; 4) Codelabs; dan 5) Animasi Multimedia. “Anak-anak yang bergabung di Unikom bisa mengeksplor kemampuannya sehingga menjadi mahasiswa berprestasi dan kelak dapat membangun Lampung menjadi lebih maju dan hebat,” tambah Taryana.

Usai pengarahan dan sesi tanya jawab, Unikom yang diwakili oleh Direktur Humas dan Protokoler melakukan pertukaran cinderamata bersama SMK Paramarta 2 Lampung yang diwakili oleh Kepala Sekolah. Selanjutnya, para peserta kunjungan pun diberi suguhan tayangan sekilas tentang Unikom untuk lebih mengenal berbagai kegiatan, sarana dan prasarana, hingga prestasi yang diraih oleh Civitas Akademika Unikom. Pelaksanaan kunjungan yang dipandu oleh Ade Saparudi selaku MC dari Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom, ditutup dengan agenda foto bersama di Lobby Smart Building Unikom dan tour campus ke Studio Unikom TV, Unikom Radio, Laboratorium di lantai 6, dan Perpustakaan Unikom yang di dampingi Direktur ICT dan Multimedia, Staf Direktorat Humas dan Protokoler, serta beberapa anggota KPM Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

 

Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019
Unikom Gelar Pengarahan Penerimaan Beasiswa Tahun 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Education Trip Program Studi Ilmu Komunikasi ke Bangkok, Thailand
Jumat, 18 Oktober 2019