Berita

Kunjungan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Ke UNIKOM: “Tingkatkan Kemampuan Pembuatan Animasi dan Broadcasting”

BANDUNG, UNIKOM – Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung kembali menerima kunjungan industri, kali ini dari SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada Kamis, 19 Januari 2023. Tamu kunjungan yang terdiri dari 46 orang siswa Jurusan Produk dan siaran televisi dan Jurusan Animasi bersama 3 guru disambut hangat di ruang L.018 Smart Building Unikom. dengan tayangan sekilas Unikom sebagai suguhan pembuka.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua Divisi Humas dan Informasi Pelayanan Publik Dr. Ir. Yuni Dahlia Yosepha Mogot, M.Si., CPR Direktur PTV Yeni Nurlatifah, S.S., M.Ds., yang diwakilkan oleh General Manager Benedicta Adriela, S.T., M.Ds., Ketua Divisi Animasi Multimedia Robby Ul Pratama Al Amin, SE. Ketua Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi  Achmad Khoirul Anam, S.Sos.

Mengawali rangkaian kunjungan, Ketua Divisi Humas dan Informasi Pelayanan Publik Dr. Ir. Yuni Dahlia Yosepha Mogot, M.Si., CPR mewakili  Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si. CICS Dalam sambutannya mengatakan, “Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong terjadinya perubahan yang signifikan di berbagai sektor kehidupan. Digitalisasi telah merubah semua tatanan Peradaban yang ada hampir semua sektor mengarah ke sistem dan model bisnis baru yang serba digital Akselerasi terjadi di berbagai bidang baik di sektor industri ekonomi dan juga pendidikan untuk itulah Unikom hadir dalam dunia pendidikan tinggi di tanah air untuk menjawab tantangan jaman khususnya adalah teknologi digital.

melengkapi informasi terkait Unikom melalui sambutannya Yuni menjelaskan sepak terjang kampus Unikom. mulai dari sebuah lembaga pendidikan, Unikom yang resmi berdiri pada 8 Agustus 2000 optimis mampu bersaing dengan perguruan tinggi swasta lainnya di Kota Bandung maupun Indonesia. Kerja keras selama 22 tahun Usia Unikom saat ini Unikom di usung menjadi World Class University (WCU) atau universitas kelas dunia.”ungkapnya

Ketua Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi  Achmad Khoirul Anam, S.Sos. mengatakan “terima kasih atas sambutan yang sangat luar biasa tidak terbayangkan kami akan disambut begitu hangat di Unikom kampus juara ini. Kami sangat senang bisa berkunjung dalam rangka kunjungan industri, para siswa dan siswi kami juga sangat antusias, semoga kunjungan ini menjadi langkah awal untuk kedepannya bisa bekerja sama dalam berbagai bidang yang sesuai dengan program sekolah kami.”ungkap Achmad

Acara dilanjutkan dengan pemaparan Ketua Divisi Animasi Multimedia Robby Ul Pratama Al Amin, SE. yang menerangkan berbagai cara pembuatan animasi, dan beberapa hasil yang telah dikeluarkan oleh Unikom seperti Super Neli yang tayang di NET TV. Tidak luput juga keberhasilan Tim Animasi Multimedia Unikom yang menjuarai kompetisi di tingkat Nasional, Internasional Robby ceritakan.

Setelah itu, dilanjutkan tour ke Studio PTV dimana pada studio tersebut disambut oleh Direktur PTV Yeni Nurlatifah, S.S., M.Ds., bersama para kru yang bertugas, saat datang ke Studio PTV sedang berlangsung proses syuting beberapa program yang akan tayang. Tidak lupa Yeni mempersilahkan para siswa dan siswi untuk menunjukan kemampuannya  melalui salah satu program unggulan yakni “flashback” acara music. Antusiasme para siswa dan siswi sangat terlihat dimana beberpa dari mereka mencoba hal tersebut ditambah lagi dengan Guru yang juga mencoba menjadi pembawa acara program tersebut.

Berbagai informasi yang disampaikan dalam kunjungan tersebut mendapatkan respon positif dari pihak sekolah serta siswa dan siswi. Melengkapi kegiatan kunjungan, sebagai bentuk kenang-kenangan antara Unikom dan pihak sekolah maka dilakukan pertukaran cinderamata, kunjungan diakhiri dengan mengunjungi perpustakaan Unikom, sebagai informasi bahwa Pelayanan penyambutan kunjungan dibantu oleh Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom (Direktorat Hms & Pro)