BERITA

Kunjungan MA Muhammadiyah Plompong Kabupaten Brebes: Mengenal Perkembangan Teknologi di Unikom

Jumat, 15 Maret 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Direktorat Humas dan Protokoler Unikom yang dipimpin oleh Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si, menyambut hangat kunjungan Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah Plompong Kabupaten Brebes di Ruang L.018 Smart Building Unikom, Rabu (6/3/2019). Kunjungan berlangsung pukul 10.00 WIB diikuti 28 siswa/i Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) serta didampingi langsung oleh Dewan Guru Drs. Tohirin, M.Pd.I dan 3 guru pembimbing lainnya.

Melalui sambutannya, Tohirin menyampaikan bahwa peserta yang berkunjung kali ini merupakan para siswa/i dengan keterampilan Teknik Operator Komputer. “…ini adalah program yang dikembangkan Kementerian Agama sekitar tiga tahun lalu dan sekolah kami adalah satu-satunya MA Muhammadiyah di Kabupaten Brebes yang menerapkan program ini, kami mempunyai pemikiran bahwa mereka harus memiliki pemikiran yang berkembang, maju terutama di bidang komputer karena saat ini komputer dan teknologi sudha menjadi kebutuhan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Tohirin pun menjadikan hal ini sebagai alasan utama pihak sekolah memilih Unikom sebagai tempat yang dikunjungi kali pertama. Harapannya, Unikom sebagai perguruan tinggi berbasis teknologi, informasi, dan komunikasi dapat memperluas wawasan siswa/i khususnya dalam dunia teknologi. “…setelah berkunjung diharapkan para siswa dapat membangun idealisme baru atau cita-cita ingin maju meskipun dari desa, karena perkembangan saat ini berjalan begitu pesat apalagi di bidang teknologi, sehingga mereka harus mempunyai minat dan motivasi untuk maju ke arah yang lebih baik,” tambahnya.

 Menanggapi hal tersebut, Desayu mengungkapkan rasa bahagianya karena Unikom dipilih sebagai acuan para siswa/i untuk mengenal perkembangan komputer dan teknologi secara lebih dekat. Tentunya sebagai kampus yang usianya masih terbilang muda, Unikom percaya diri untuk siap bersaing di era Revolusi Industri 4.0 ini.  “Unikom baru akan menginjak usia 19 tahun pada Agustus mendatang, tapi Unikom memiliki berbagai prestasi dan keunggulan salah satunya membekali seluruh mahasiswa dari berbagai program studi dengan mata kuliah berbasis software, hardware¸ entrepreneurship, serta animasi dan multimedia sehingga lulusan kami diharapkan mampu menguasai teknologi yang mengikuti perkembangan zaman diluar dari kompetensi keahlian di bidangnya masing-masing,” tuturnya.

Unikom turut memfasilitasi para mahasiswanya untuk menerapkan dan memanfaatkan perkembangan teknologi guna melahirkan inovasi, seperti yang dilakukan salah satu divisinya yakni Divisi CodeLabs Unikom. Seperti disampaikan Saudara Daniyal Ahmad Rizaldhi dalam kunjungan tersebut, CodeLabs Unikom adalah divisi yang bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak dan sebagai inkubator untuk mengembangkan skill. Berbagai riset dilakukan oleh CodeLabs diantaranta: 1) Web Development; 2) IoT Development; 3) iOS Development; 4) Android Development; 5) Augmented & Virtual Reality; dan 6) Game Development. Keenam bidang riset tersebut telah menghasilkan berbagai inovasi karya membanggakan hingga berhasil mewakili Indonesia di berbagai kompetisi internasional.

Rangkaian agenda kunjungan juga dilengkapi sesi tanya jawab serta penayangan sekilas tentang Unikom guna mengenal Unikom secara lebih dekat dilanjutkan dengan tour campus dipandu oleh Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) ke berbagai fasilitas seperti Perpustakaan dan Laboratorium di Lantai 7 Smart Building Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

Selamat dan Sukses atas Sidang Promosi Doktor Dr. Melly Maulin Purwaningwulan, S.Sos.,M.Si (Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom)
Rabu, 23 Oktober 2019
Kunjungan Edukatif SMK YMIK Jakarta ke Unikom: Menggali Wawasan Perkembangan Teknologi
Selasa, 22 Oktober 2019
Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024
Senin, 21 Oktober 2019