BERITA

KPM Unikom: Jangan Takut Bicara!

Sabtu, 10 November 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom membuktikan kontribusi nyatanya untuk mengedukasi dan menanamkan kepercayaan diri, keberanian, serta kemampuan berbicara melalui kegiatan Protocol Speak Competition (Prostion) #1.0. Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Lantai 17 Smart Building Unikom, Sabtu (3/11/2018), merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas diri dengan memperhatikan etika penyampaian informasi atau berita di era teknologi industri 4.0.

Prostion #1.0 dikemas dalam dua rangkaian kegiatan yakni Seminar Public Speaking dan News Presenter Competition, sehingga ± 250 peserta yang hadir dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Barat memperoleh paket lengkap wawasan dari sisi teoritis juga praktisnya. Mengusung tema Let’s be brave to speak with positive news“, kegiatan ini berhasil menghadirkan para pembicara kompeten di bidang public speaking dari kalangan akademisi maupun praktisi, diantaranya: yakni 1) Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si  (Dosen Tetap Program Studi Ilmu Komunikasi dan Direktur Humas dan Protokoler Unikom), 2) N. Nurlaela Arief, MBA, MIPR (Ketua Perhumas BPC  Jawa Barat), 3) Dazeninda Vrilla Vaditra (News Presenter SCTV), dan 4) Reinhard Reidolf Sirait (News Presenter CNN Indonesia). Secara terbuka para pembicara memberikan edukasi mengenai cara dan etika dalam menyampaikan informasi serta berita kepada masyarakat dengan baik dan benar serta tips-tips untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas di dunia public speaking dan news presenter.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unikom, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., M.Si., Direktur Kemahasiswaan Unikom Andrias Darmayadi, S.IP., M.Si., P.hD., Perwakilan Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Sahabat Jawa Barat, Perwakilan MPM, DPM, BEM, Hima, dan UKM di lingkungan Unikom. “Kegiatan Prostion #1.0 diharapkan dapat menjadi media mahasiswa untuk mengasah lebih pengetahuannya, terutama mengenai bidang Public Speaking khususnya News Presenter yang langsung bertemu dengan praktisi yang ahli dalam bidangnya, secara khusus kegiatan positif seperti ini bisa dicontoh oleh organisasi mahasiswa lainnya di lingkungan Unikom dan dapat menciptakan program kerja yang dapat mengembangkan serta meningkatkan kualitas di lingkungan civitas akademika Unikom,” ujar Umi dalam sambutannya.

Memasuki agenda puncak Prostion #1.0, adalah pengumuman pemenang News Presenter Competition yang telah melalui penilaian seleksi tahap awal hingga final oleh dewan juri kompeten di bidang komunikasi, bahasa, khususnya public speaking sebagai Master of Ceremony (MC) ataupun Announcer, yakni: 1) Tegar Bestari (News Presenter TVRI Jawa Barat), 2) Tine A. Wulandari M.I.Kom (Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi) dan Oki Ahmad Ismail, M.I.Kom (Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi dan Kepala Stasiun Radio Hits Unikom). Berdasarkan hasil penilaian, ketiga pemenang tersebut antara lain: 1) Juara 1: Tryas Anggrita Arozak dari Universitas Komputer Indonesia; 2) Juara 2: Aura Adiyani dari Politeknik Negeri Bandung; dan 3) Juara 3: Putri Meysha Nabila F dari Universitas Padjajaran.

Muhamad Risky M Risman, Ketua KPM Unikom menyampaikan Prostion #1.0 merupakan program kerja penutup kepengurusan Korps Protokoler Mahasiswa Unikom periode 2017-2018. “…semoga dengan adanya kegiatan Prostion #1.0 ini dapat menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya, sehingga ditahun selanjutnya kegiatan Prostion #2.0 dapat lebih baik lagi,” pungkasnya.

Get Together Tim Protokoler Unikom ke Semarang
Selasa, 12 November 2019
Info Pendaftaran CPNS Kementrian Pertanian Republik Indonesia Tahun 2019
Senin, 11 November 2019
Unikom Terlibat Aktif Sebagai Co-Host Parade Riset Akuntansi 4
Senin, 11 November 2019