BERITA

Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom Gelar Technical Meeting Dalam Rangkaian Open Recruitment

Selasa, 26 Maret 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Usai mengadakan proses pendaftaran dalam rangka Open Recruitment Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom Angkatan VII selama hampir satu bulan lamanya, tibalah saatnya calon anggota yang telah memenuhi berkas persyaratan dan lolos secara administrasi mengikuti Technical Meeting di Ruang L.018 Smart Building Unikom, Sabtu (23/3/2019). Kegiatan yang menjadi rangkaian awal tahap penyeleksian KPM Unikom Angkatan VII, diikuti 43 calon anggota mewakili lima fakultas di Unikom.

Seperti disampaikan oleh Silvi Oktaviani selaku Ketua Pelaksana, pihaknya bersama kepanitiaan Open Recruitment KPM Unikom Angkatam VII, telah melakukan sosialisasi dan publikasi guna merangkul para mahasiswa Unikom khususnya di semester dua dan semester empat untuk bergabung dan menjadi bagian dari KPM Unikom. “Rekrutmen KPM Unikom adalah agenda rutin yang diadakan setiap dua tahun sekali, dalam rangka regenerasi, eksistensi, dan mencari penerus KPM Unikom yang berpotensi dan berbakat untuk memberikan kontribusi positif pada universitas, berbagai bidang di Unikom dan tentunya KPM itu sendiri,” tuturnya.

Silvi menambahkan, sebanyak 86 mahasiswa Unikom tercatat mendaftarkan dirinya pada rekrutmen tahun ini dan 77 diantaranya telah menyerahkan berkas persyaratan sesuai waktu yang ditetapkan. “Berkas yang kami terima selanjutnya kami seleksi secara administrasi untuk melihat kelengkapan dan kesesuaiannya, hingga terjaring 43 berkas yang kami nilai dengan berbagai pertimbangan sehingga mereka lolos untuk mengikuti tahap selanjutnya,” jelas Silvi.

Selain diikuti para calon anggota, gelaran technical meeting kali ini turut dihadiri Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si, Pembina KPM Unikom serta Staf Direktorat Humas dan Protokoler Unikom, dan Ketua KPM Unikom, Jofan Muliawan Putra. Bagi Jofan, technical meeting adalah gerbang awal menuju rangkaian seleksi KPM Unikom Angkatan VII sehingga diharapkan para calon anggota terpilih dapat memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin. “…ini adalah awal yang baik untuk rekan-rekan menunjukan versi terbaik diri masing-masing pada setiap tahap seleksi KPM Unikom, jangan patah semangat, hadapi prosesnya secara positif dan jadikan momen ini sebagai ajang aktualisasi diri serta menyalurkan bakat atau potensi diri yang rekan-rekan miliki,” ujarnya.

Mengingat pentingnya para calon anggota memahami dunia keprotokolan sebelum nantinya lolos seleksi dan resmi menjadi bagian dari KPM Unikom maka Direktur Humas dan Protokoler Unikom pun memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyampaikan materi tentang “Mengenal Protokoler Lebih Dekat”. Lewat pemaparannya, Desayu memperkenalkan dunia keprotokolan, bidang kerja para protokol, hingga kepribadian yang harus dimiliki setiap protokol. “Protokol bukanlah hiasan, pajangan, atau pelayan semata, tetapi seorang protokol memiliki peran penting dalam mempengaruhi keberhasilan sebuah acara sehingga kepribadian seorang protokol harus selalu positif,” jelasnya.

Selain mengulas dunia keprotokolan secara umum, Desayu juga memaparkan keprotokolan di Unikom yang saat ini berada dibawah tanggung jawabnya. Semula KPM Unikom bernama Tim Protokoler Mahasiswa yang mengalami perubahan seiring terbentuknya Direktorat Humas dan Protokoler tahun 2012. Keberadaan KPM Unikom hingga kini berperan dalam mendukung dan turut serta membangun citra unikom dalam kegiatan keprotokolan, meningkatkan wawasan, pengalaman, serta kinerja yang terlatih dengan kepribadian, profesionalisme, dan kompetensi sosial.

Usai pengenalan dunia keprotokolan, agenda pun berlanjut pada pemaparan tahap seleksi KPM Unikom Angkatan VII yang akan melalui beberapa proses, antara lain: 1) Tes Tulis; 2) Tes Bakat; dan 3) Wawancara, dimana seluruh rangkaian tes tersebut dinilai secara langsung oleh para juri dari Tim Protokoler Unikom. Harapannya open recruitment KPM Unikom Angkatan VII dapat menjaring para anggota KPM Unikom yang berpotensi sesuai tema rekrutmen kali ini yaitu “Build Generation with Potential”. (Direktorat Hms & Pro)

Informasi Lowongan Pekerjaan : Dremgen PTE LTD
Kamis, 17 Oktober 2019
Selamat dan Sukses atas Sidang Promosi Doktor Program Studi Pengembangan Kurikulum Dr. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd
Kamis, 17 Oktober 2019
Informasi Lowongan Pekerjaan : PT. Yutaka Manufacturing Indonesia
Rabu, 16 Oktober 2019