BERITA

Karyawan Unikom Siap Tingkatkan Pelayanan Efektif Dan Profesional

Senin, 13 Agustus 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Ruang L.018 Smart Building Unikom, seluruh Staf Student Admission, Staf PMB Admission, Front Office, dan Sekretariat di lingkungan Unikom, mendapatkan pengarahan tentang Pelayanan yang Efektif dan Profesional yang disampaikan oleh Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si selaku Direktur Humas dan Protokoler Unikom. Pengarahan yang digelar pada Sabtu (11/8) pukul 08.00 WIB bertajuk “Costumer Service dan Sekretariat Excellence” sebagai bentuk aktualisasi diri karyawan Unikom dalam ranah peningkatan kinerja di setiap bagian khususnya bidang pelayanan.

Melalui kesempatan tersebut, Desayu yang ditugaskan oleh Rektor Unikom sebagai pemateri dalam pengarahan ini, terlebih dulu menjelaskan sekilas fungsi Humas dalam organisasi, salah satunya yaitu membangun, meningkatkan, dan mempertahankan citra organisasi. “…cara yang harus ditempuh dalam merealisasikan fungsi tersebut adalah kami tidak bekerja sendiri melainkan membangun sinergi dengan bidang lainnya di Unikom, termasuk salah satunya bidang pelayanan di Unikom seperti Front Office, Sekretariat, PMB dan Student Admission dimana yang setiap harinya berhadapan langsung dengan publik internal maupun eksternal,” ujarnya.

Sedikitnya Desayu memaparkan enam poin penting yang perlu diterapkan dalam bekerja terutama di bidang pelayanan, antara lain: 1) Meyakini Kantor sebagai Rumah Kedua atau Ketiga; 2) Meyakini Perlunya Dihargai dan Disayangi; 3) Memahami Pentingnya Mahasiswa dan Keluarganya; 4) Mengidentifikasi Publik Internal dan Eksternal; 5) Memahami dan Perlunya Menciptakan Kepuasan; dan 6) Mempelajari Skill Menghandle Komplain. Bagi Desayu, mahasiswa dan keluarganya merupakan aset terbesar dalam bisnis di lingkungan perguruan tinggi, bahkan menurut penelitian 75% alasan yang mempengaruhi mahasiswa meninggalkan perguruan tinggi diakibatkan karena buruknya pelayanan yang diterima.

Atas dasar itulah, Sekretariat atau Front Office harus menjadi pilihan terbaik bagi mereka dalam mendiskusikan berbagai keluhannya, selain dosen wali, dosen konseling dan dosen favoritnya. Akan lebih baik jika bidang pelayanan mampu memahami perbedaan karakter publik yang dipengaruhi banyak faktor seperti status sosial, latar belakang pendidikan, usia, dan sebagainya.

Selanjutnya, pengarahan disampaikan oleh Agus Riyanto, M.T selaku Ketua Biro Administrasi Umum (BAU) sekaligus mewakili Rektor Unikom yang berhalangan hadir dalam kesempatan tersebut. Agus menjelaskan sejumlah himbauan yang diamanahkan oleh Rektor Unikom untuk disampaikan dalam pertemuan ini, diantaranya terkait dengan jam kerja di bagian pelayanan Unikom yang dimulai pukul 07.30 WIB-15.30 WIB dengan jam istirahat pukul 12.00-13.00 WIB.

Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh bidang di Unikom semakin termotivasi untuk meningkatkan kualitas pelayanannya, berintrospeksi diri, dan bersinergi agar bersama-sama mampu menjaga dan mempertahankan citra positif Unikom dimata publik. (Direktorat Hms & Pro)

Belajar Bahasa dan Budaya Jepang di Japan Corner Perpustakaan Unikom
Rabu, 19 Juni 2019
Unikom Awali Aktivitas dengan Kegiatan Halal Bihalal 1440 H
Selasa, 18 Juni 2019
Open House Idul Fitri 1440 H: Pererat Tali Silaturahim antar Civitas Akademika Unikom
Senin, 17 Juni 2019