BERITA

Karya Ilmiah dan Akreditasi Menjadi Poin Utama dalam Pengarahan Rektor Unikom

Rabu, 25 Oktober 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T, memberikan pengarahan kepada Pimpinan Struktural Unikom, yakni para Wakil Rektor, Dekan, Direktur, Ketua dan Sekretaris Program Studi, serta Ketua Divisi, di Ruang Serbaguna Lantai 15 Smart Building Unikom. Pengarahan yang digelar pada Senin (23/10) pukul 11.30 WIB menyampaikan dua agenda penting terkait dengan karya ilmiah dosen dan akreditasi.

“…pertemuan kali ini dinilai urgent dan perlu disikapi bersama supaya Unikom bisa mencapai target unggul,” ujar Rektor. Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa Unikom senantiasa memfasilitasi para dosennya untuk mengikuti seminar internasional, baik yang diselenggarakan oleh Unikom, perguruan tinggi lain di dalam negeri, maupun seminar internasional di luar negeri, namun disesuaikan dengan kualitas karya ilmiah setiap dosen.

Proceeding terakreditasi scopus maupun terakreditasi nasional, akan dibiayai sesuai dengan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan setiap dosen. Sehingga, dosen tidak hanya sekedar membuat karya ilmiah, tetapi bagaimana karya ilmiah tersebut menjadi sebuah karya yang bernilai dan berkualitas,” tambah Rektor.

Bekenaan dengan rencana Unikom untuk mengadakan International Conference on Informatics, Engineering, Science & Technology (INCITEST) pada 9 Mei 2018 dan International Conference on Business, Economics, Social Sciences & Humanities (ICOBEST) pada 22 November 2018 mendatang, maka Rektor pun mewajibkan para dosen yang terkait dengan bidangnya masing-masing untuk berpartisipasi melalui karya tulis ilmiah yang dibuatnya. Selain meningkatkan jabfung dosen, karya ilmiah pun bisa meningkatkan peringkat Unikom di bidang publikasi ilmiah, sehingga mampu bersanding dengan perguruan tinggi senior lainnya yang ada di Indonesia.

Usai pemaparan tersebut, Rektor pun mengingatkan kepada setiap program studi di Unikom agar semaksimal mungkin dalam mempersiapkan akreditasi. “Persiapan AIPT di tahun 2020 sangat dipengaruhi dan didukung hasil akreditasi setiap program studi. Sehingga, prodi harus bersinergi, bekerja sama tim, dan saling bahu-membahu untuk memberikan hasil yang terbaik. Pencapaian akreditasi unggul, sangat diharapkan dan diupayakan agar dapat diraih Unikom, tentunya keberhasilan tersebut akan memberikan rasa kebanggaan, tidak hanya bagi jajaran Pimpinan tetapi seluruh Civitas Akademika Unikom,” ungkap Rektor.

Saat ini, Unikom tengah menghadapi proses visitasi akreditasi untuk beberapa program studi yang telah habis waktu ijin operasional. Setelah visitasi Prodi Ilmu Komunikasi pada 6 Oktober 2017, Prodi Ilmu Hukum pada 21 Oktober 2017, Prodi Teknik Industri pada 24 Oktober 2017, kini giliran Prodi Keuangan & Perbankan (D3) yang tengah menyambut visitasi akreditasi dari BAN-PT. Pelaksanaan akreditasi yang turut dipantau secara langsung oleh Rektor Unikom, diharapkan dapat berjalan lancar dan Unikom mampu mencapai targetnya yakni meraih akreditasi AIPT berindeks ‘A’ atau unggul. (Direktorat Hms & Pro)

Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019
Unikom Gelar Pengarahan Penerimaan Beasiswa Tahun 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Education Trip Program Studi Ilmu Komunikasi ke Bangkok, Thailand
Jumat, 18 Oktober 2019