Berita

Kaderisasi Hima Tekkom 2023-2024: “Membentuk Kader Organisasi yang Militan, Intelek, Inovatif, dan Generatif”

BANDUNG, UNIKOM – Dewasa ini kaderisasi kepemimpinan di kalangan mahasiswa menjadi sangat penting untuk dilakukan, mengingat fungsi dari kaderisasi adalah mempersiapkan calon-calon pemimpin dalam proses regenerasi untuk melanjutkan tongkat estafet suatu organisasi. Generasi muda di kemudian hari diharapkan mampu menjadi pemimpin yang kompeten, bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan, dan mampu menyelesaikan permasalahan yang timbul. Kegiatan kaderisasi diharapkan dapat mewariskan nilai-nilai organisasi yang baik, menjamin keberlangsungan organisasi, sekaligus sebagai sarana belajar bagi seluruh anggotanya.

Didasari dengan kesadaran akan pentingnya kaderisasi dalam suatu organisasi, Himpunan Mahasiswa program Studi Teknik Komputer (HIMA TEKKOM) UNIKOM, menggelar kegiatan Kaderisasi HIMA TEKKOM 2023-2024 dengan mengusung tema “Membentuk Kader Organisasi yang Militan, Intelek, Inovatif, dan Generatif”, bertempat di Gedung Perpustakaan Lama Miracle Building UNIKOM.

Nanda Oktavian selaku Ketua Pelaksana Kegiatan melaporkan, kegiatan Kaderisasi HIMA TEKKOM 2023-2024 diikuti sejumlah 34 orang mahasiswa Semester 1 dari Program Studi Sistem Komputer - S1 dan Teknik Komputer - D3. Lebih lanjut ia mengungkapkan, kaderisasi merupakan hal yang cukup esensial bagi suatu organisasi, karena merupakan inti dari estafet pengurus organisasi guna melanjutkan perjuangan organisasi di masa yang akan datang. Kegiatan Kaderisasi HIMA TEKKOM 2023-2024 dilaksanakan dengan tujuan: Pembentukan karakter bagi mahasiswa baru yang akan bergabung pada organisasi agar memahami atau sepaham dengan ideologi organisasi; Menumbuhkan aspek-aspek kepribadian mahasiswa baru agar lebih terarah dan bijak untuk kedepannya agar terbentuknya regenerasi yang sesuai dengan yang diinginkan; Meningkatkan kualitas mahasiswa baru agar mampu beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dalam organisasi sehingga dapat membuat organisasi menjadi maju dan berkembang; serta Membentuk generasi penerus organisasi yang nantinya akan meneruskan visi dan misi organisasi.

Rangkaian kegiatan kaderisasi digelar dalam 3 sesi pertemuan, yaitu pada tanggal 11, 13, dan 18 Januari 2024. Adapun materi yang disampaikan pada hari pertama, 11 Januari 2024 mencakup “Pengenalan Ormawa” yang disampaikan oleh Presiden Mahasiswa Periode 2023-2024, Arief Tegar Prawira. Pada hari ke dua, 13 Januari 2024, disampaikan 2 materi, antara lain, “Antropologi Kampus” oleh Wakil Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan BEM UNIKOM Periode 2021-2022, Firaga Pratama, S.Kom. dan “Analisis Sosial” oleh Ketua Fraksi 1 FTIK MPM IKM Unikom Periode 2021-2022, Zanjabil Zulkarnain, S.Kom.

4 materi disampaikan pada hari ke tiga, 18 Januari 2024, antara lain, tentang “Teknik Persidangan” yang disampaikan oleh Bayu Andhika Pratama, Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer 2022 - 2023, dilanjutkan materi terkait kerohanian “Agama Islam” oleh Agus Muhamad Soleh,  “Agama Kristen” oleh Yonathan Yansen, diakhiri materi “Kepemimpinan dalam Organisasi” oleh Armi Crisnawati.

Ketua Program Studi Sistem Komputer - S1, Assoc. Prof. Usep Mohamad Ishaq, S.Si., M.Si., Ph.D., yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Assoc. Prof. John Adler, S.Si., M.Si., selaku Sekretaris Program Studi Sistem Komputer - S1 yang juga merangkap Ketua Program Studi Teknik Komputer - D3 FTIK UNIKOM, dalam sambutannya menyatakan, kaderisasi adalah kegiatan yang sangat bermanfaat untuk adik-adik mahasiswa, agar terjadi estafet kepemimpinan dan kepengurusan baru di HIMA untuk tetap eksis, agar bisa berkontribusi membawa nama baik UNIKOM dalam berbagai bidang. Termasuk dalam mengikuti berbagai lomba di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, mahasiswa dapat ikut melakukan riset bersama para dosen, dan juga bersinergi dengan para alumni, dalam membantu pengembangan prodi. Pada akhir sambutannya, ia berharap, “dengan terbentuknya angota-anggota baru HIMA, akan menjadi tulang punggung yang lebih kreatif dan inovatif menghadapi proses akreditasi prodi via Lam Infokom. Karena di tahun-tahun yang akan datang, point terbesar nilai akreditasi adalah pada sisi output mahasiswa. Antara lain, berapa orang mahasiswa yang ikut lomba akademik dan non akademik, berapa orang mahasiswa yang ikut proyek penelitian dan PKM bersama dosen, berapa banyak riset yang mendapatkan HKI, dan lain sebagainya”, demikian pungkasnya.

Keberhasilan kegiatan Kaderisasi HIMA TEKKOM 2023-2024 terselenggara atas kerjasama dan dedikasi seluruh mahasiswa, khususnya para pengurus himpunan serta antusiasme yang sangat besar dari para mahasiswa baru dalam menjalankan program tersebut. Momentum positif tersebut dapat memicu semangat dan kreativitas mahasiswa untuk terus berkontribusi. “Semoga dengan adanya kegiatan ini, menjadi suatu pengalaman baru bagi para pengurus yang baru dalam melaksanakan program kerjanya, dan mahasiswa baru juga dapat berorientasi dengan kehidupan di dunia perkuliahan”, harap Nanda. (Direktorat Hms & Pro).