BERITA

Jelang Babak Grand Final, Calon Putra Putri Unikom 2018 Matangkan Persiapan Melalui Pelatihan

Selasa, 31 Juli 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Usai menjalani tahap seleksi “Pemilihan Putra Putri Unikom 2018” dalam kurun waktu satu bulan lamanya, ke-15 finalis yang berasal dari berbagai program studi diberikan kesempatan mengikuti pelatihan selama satu hari penuh pada Senin (23/7) di Ruang L.018 Smart Building Unikom. Pelatihan yang difasilitasi oleh tim panitia bekerja sama dengan Direktorat Humas dan Protokoler Unikom, merupakan wadah untuk menambah kualitas calon Putra Putri Unikom 2018 sebelum nantinya unjuk diri di babak grand final yang berlangsung pada pertengahan Agustus 2018 mendatang.

Rangkaian pelatihan guna persiapan grand final pemilihan putra putri kampus tersebut di buka oleh wakil ketua pelaksana Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si. mewakili ketua pelaksana Prof.  Dr. Hj. Aelina Surya, Dra yang datang menyusul karena ada aktifitas lain yang tidak bisa ditinggalkan. Melalui sambutannya, beliau mengucapkan terimakasih kepada para peserta yang telah berkenan hadir untuk mendengarkan beberapa pemaparan materi dan informasi yang harus diketahui dan di pahami oleh seorang Putra Putri Unikom. “Kami berupaya untuk fasilitasi pengetahuan dan informasi dasar yang dinilai penting untuk diketahui Putra Putri Unikom, sehingga kelak ketika kalian terpilih diharapkan bisa lebih percaya diri dan berwawasan luas,” ujarnya.

Masuki agenda inti, pemaparan materi pertama disampaikan oleh salah satu anggota Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom, Sdr. Alpin Hamjah tentang “Public Speaking dan MC”. Alpin merupakan satu dari ± 40 anggota KPM Unikom yang memiliki jam terbang cukup tinggi dalam mengaplikasikan public speaking khususnya di bidang Master of Ceremony (MC). Ia pun rutin dilibatkan untuk memandu kegiatan-kegiatan universitas mulai dari kunjungan hingga wisuda dan penerimaan mahasiswa baru Unikom.

Selanjutnya, materi tentang “Keprotokolan” disampaikan oleh Pembina KPM Unikom sekaligus Staf Bidang Protokoler Unikom, Arif Try Cahyadi, M.Ds. Hal ini penting untuk diketahui oleh calon Putra Putri Unikom 2018 karena nantinya mereka akan bersinergi dengan Tim Protokoler dan KPM Unikom pada berbagai kegiatan. Sehingga diharapkan informasi yang disampaikan kali ini bisa memberikan gambaran sistem kerja yang diimpelementasikan pada setiap kegiatan, hingga menciptakan kemudahan bekerja kerja sama antara Putra Putri Unikom dengan Tim Protokoler dan KPM Unikom.

Sela pemaparan materi, Prof. Dr. Hj. Aelina Surya, Dra, selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Unikom sekaligus Ketua Pelaksana kegiatan ini, berkesempatan hadir dan menyapa calon Putra Putri Unikom 2018 yang tengah mengikuti pelatihan. Beliau pun berpesan agar momentum ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin agar menjadi Putra Putri Unikom yang diharapkan. “Jadilah pribadi yang bisa menjadi perhatian orang karena kemampuan yang dimiliki, inner beauty, smart, dan membuat orang lain merasa bangga pada kita, karena itu selain penampilan juga harus ditunjang dengan wawasan dan pengetahuan yang mumpuni,” tutur Aelina.

Memasuki materi yang ketiga dalam pelatihan tersebut, Desayu pun menjelaskan tentang “Etika, Kepribadian, dan Komunikasi”. Menurutnya title sebagai Putra Putri Unikom tidak cukup hanya memiliki pengetahuan yang luas serta ditunjang penampilan, mereka juga harus bisa membawa diri menjadi pribadi yang beretika dengan kepribadian baik dan tentunya kemampuan komunikasi yang baik pula karena mereka kelak akan diikutsertakan pada berbagai kegiatan di lingkup nasional maupun internasional yang diadakan oleh Unikom.

Berkaca dari hasil tes terulis yang telah dijalani calon Putra Putri Unikom 2018, Desayu menilai bahwa mereka perlu mengenal Unikom lebih dekat agar memaksimalkan pengetahuan tentang Unikom secara umum. Karenanya, dalam kesempatan tersebut Staf Bidang Humas Unikom, Ismyuli Tri Retno, S.I.Kom, berkesempatan untuk memberikan pengenalan tentang kampus, mulai dari sejarah, visi dan misi, jumlah fakultas dan program studi, mahasiswa, hingga memperkenalkan jajaran pimpinan di tingkat rektorat, dekanat, dan berbagai informasi lainnya seputar Unikom serta Direktorat Humas dan Protokoler.

Akhir dari pelatihan tersebut, diisi dengan sesi sharing catwalk bersama dua finalis Putra Putri Unikom 2018 yakni Niddy Ambar Katresna (Wakil 4 Mojang Kota Bandung 2017) dan Andrian Permana (Wakil 4 Jajaka Kabupaten Bandung Barat 2016) sebagai bentuk persiapan menuju grand final. Melalu kegiatan ini, diharapkan calon Putra Putri Unikom bisa lebih siap untuk tampil percaya diri dengan segala kemampuan yang dimiliki untuk menyandang gelar sebagai Putra Putri Unikom 2018. (Direktorat Hms & Pro)

Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019
Unikom Gelar Pengarahan Penerimaan Beasiswa Tahun 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Education Trip Program Studi Ilmu Komunikasi ke Bangkok, Thailand
Jumat, 18 Oktober 2019