BERITA

HMIF Unikom: Bakti Sosial Penyembelihan Hewan Qurban

Kamis, 30 Agustus 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Mengusung tema “Nikmatnya Berbagi Sedekah Dihari Qurban”, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMIF) Unikom mengadakan bakti sosial penggalangan dana untuk penyembelihan hewan berkenaan dengan Hari Raya Idul Adha 1439H/2018 M. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja rutin tahunan HMIF yang digagas Divisi Sosial dan Keagamaan dimana tahun ini dilaksanakan di RT 02/03 Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jumat (24/8),

Mengenai kegiatan ini, HMIF Unikom berupaya untuk menumbuhkan rasa kepercayaan terhadap eksistensi mahasiswa dalam bersosialisasi dengan masyarakat serta membangkitkan semangat untuk berbagi hingga terbentuk jiwa sosial pada setiap diri mahasiswa. “…momentum Hari Raya Idul Adha menjadi salah satu kesempatan yang tepat untuk berbagi, karena dalam ajaran islam sendiri disunnahkan untuk menyembelih hewan qurban dan membagikannya kepada yang tidak mampu dan kami pun menemukan suatu daerah yang masyarakatnya nyaris tidak ada yang menyembelih hewan satu orang pun karena keterbatasan ekonomi masyaratkatnya,” jelas Reyhan Fauzan selaku Ketua Pelaksana.

Bekerja sama dengan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Karang Taruna wilayah RT 02/03 Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, HMIF Unikom melakukan penyembelihan hewan qurban dan pemotongan daging hewan qurban bersama Panitia yang berjumlah 17 orang dan Karang Taruna, serta membagikan daging tersebut kepada masyarakat setempat. Guna menjalin dan memperkokoh tali silaturahim mahasiswa dengan masyarakat, bakti sosial pun diakhiri dengan agenda mengolah sebagian daging qurban menjadi masakan yang disantap bersama Panitia dan Karang Taruna.

Meski telah menjadi agenda rutin tahunan, namun setiap pelaksanaannya HMIF Unikom selalu menggagas dengan konsep yang berbeda. “…konsep berbeda yang kami usung, misalnya seperti tahun lalu kami berkolaborasi dengan salah satu organisasi kemahasiswaan di Unikom, dan tahun ini kami bekerja sama dengan Karang Taruna wilayah setempat, tentunya setiap tahun kami adakan di lokasi yang berbeda juga,” tambah Reyhan.

Melalui kegiatan ini diharapkan terjalin silaturahim antara HMIF Unikom dengan masyarakat di RT 02/03 Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, dan menjadi awal yang baik agar kedepannya bisa bekerja sama dengan warga setempat dalam berbagai kegiatan. (Direktorat Hms & Pro)

Belajar Bahasa dan Budaya Jepang di Japan Corner Perpustakaan Unikom
Rabu, 19 Juni 2019
Unikom Awali Aktivitas dengan Kegiatan Halal Bihalal 1440 H
Selasa, 18 Juni 2019
Open House Idul Fitri 1440 H: Pererat Tali Silaturahim antar Civitas Akademika Unikom
Senin, 17 Juni 2019