Berita

Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (Hmti) Unikom Gelar Seminar Kewirausahaan: Generasi Muda Berwirausaha “Bangkit Dari Kegagalan: Meraih Impian Dalam Dunia Bisnis”

BANDUNG, UNIKOM – Di era globalisasi yang penuh tantangan, generasi muda perlu dibekali dengan keterampilan kewirausahaan untuk menciptakan peluang dan lapangan kerja baru. Guna menginspirasi dan memberikan pengetahuan praktis kepada para pemuda, khususnya mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia (FKTI UNIKOM), menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan, dengan mengusung tema “Generasi Muda Berwirausaha”, agar mereka siap menghadapi dinamika pasar dan berkontribusi pada perekonomian Indonesia.

Jum’at, 14 Juni 2024, bertempat di Auditorium Miracle Building UNIKOM, rangakiaan kegiatan dibuka secara langsung oleh Ketua Program Studi Teknik Industri FKTI UNIKOM, Dr. Henny, S.T., M.T. Dalam sambutan pembukanya, Dr. Henny menyampaikan, sangat senang dengan diadakannya Pekan Dagang Teknik Industri setelah kegiatan tersebut sempat terhenti beberapa tahun ke belakang, karena beberapa kendala teknis. Ia berharap, “kegiatan seminar yang merupakan penutup dari rangkaian kegiatan Pekan Dagang Teknik Industri ini, bisa menjadi insight baru bagi seluruh mahasiswa Teknik Industri UNIKOM dalam mengenal dan mengembangkan cara berwirausaha di usia muda, melalui materi yang dibagikan oleh pemateri yang luar biasa”, pungkas Dr. Henny.

Ketua Pelaksana kegiatan, Riza Ardian Muslim dari Divisi Kewirausahaan HMTI UNIKOM, melaporkan, kegiatan seminar tersebut terselenggara atas kerja sama Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) dengan Program Studi Teknik Industri UNIKOM. Adapun peserta seminar terdiri atas seluruh mahasiswa aktif lintas angkatan yang ada di Program Studi Teknik Industri UNIKOM. Ia menyatakan bahwa seminar tersebut merupakan kegiatan yang masih termasuk dalam rangkaian kegiatan Pekan Dagang Teknik Industri (Pedati) yang sudah berlangsung sejak 3 bulan yang lalu. Kegiatan Pedati baru kembali diselenggarakan tahun ini setelah 5 tahun vakum akibat pandemi dan beberapa hal lainnya. Rizal, selaku ketua pelaksana sangat bangga karena Pedati ini bisa terlaksana kembali setelah beberapa tahun. Seminar ini merupakan seminar yang disajikan sebagai ajakan kepada seluruh mahasiswa/i Teknik Industri UNIKOM agar lebih bersemangat lagi dan tidak ragu menjadi wirausaha di usia muda. Dalam wawancara terpisah, Ketua HMTI UNIKOM, Tasya Bonita menyatakan, tujuan dari dilaksanakannya kegiatan seminar tersebut adalah untuk menumbuhkan kembali semangat kewirausahaan pada generasi muda, terutama mahasiswa dan mahasiswi Teknik Industri UNIKOM. “Melalui acara ini, diharapkan mereka dapat mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif, serta membangun jaringan yang mendukung kesuksesan bisnis di masa depan”, demikian harapnya.

Agenda kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Arif Maulana, S.Kom., Owner Oseng Mercon, yang juga merupakan Ketua Asosiasi Kafe dan Resto (AKAR) Jawa Barat. Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan materi sekaligus berbagi pengalaman dengan mengangkat judul materi, “Bangkit dari Kegagalan: Meraih impian dalam Dunia Bisnis”. Antusias peserta tampak dalam sesi diskusi yang diikuti dengan sangat bersemangat oleh seluruh kelompok peserta. Rangkaian kegiatan seminar dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada nara sumber dan diakhiri dengan foto bersama guna dokumentasi. (Direktorat Hms & Pro)