Berita

HIMA Teknik Sipil Unikom Lakukan Kuliah Lapangan

BANDUNG, UNIKOM – Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh institusi pendidikan tinggi termasuk Unikom, dimana diantaranya terdiri dari pendidikan, pengabdian dan penelitian. Sebelum situasi pandemi Corona Virus (Covid-19) yang saat ini tengah dirasakan masyarakat Indonesia, kegiatan Tri Dharma yang salah satunya pendidikan dilakukan Unikom secara langsung kepada para mahasiswa.

Sejalan dengan hal tersebut, sebagai bentuk aplikasi pendidikan maka Program Studi Teknik Sipil melalui Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Unikom melaksanakan Kuliah Lapangan ke PT Gunung Baja Konstruksi Bekasi pada Kamis (05/03/2020). Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya pelaksanaan pendidikan guna menambah ilmu dan pengalaman di luar kampus. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini bertujuan untuk memperdalam ilmu terkait mekanika beban baja, memberikan gambaran tentang pengaplikasian ilmu yang telah dipelajari secara teori, dan memperluas pengetahuan terkait prosedur legalitas mutu produk baja.

Sebanyak 44orang mahasiswa prodi Teknik Sipil Unikom turut serta dalam kegiatan ini, yang mana dalam kesempatan tersebut para mahasiswa mempelajari secara langsung terkait posisi engineering serta melihat proses pembuatan baju dan galvaning. Antusias positif ditunjukan oleh para peserta yang ditunjukan dengan keaktifan dalam mengajukan pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan.

Wakil Ketua Hima Teknik Sipil Unikom, Irvan Fatuloh berharap “Semoga dengan terlaksananya program kerja Kuliah Lapangan di Pabrik PT. Gunung Baja Konstruksi dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi seluruh sivitas akademika teknik sipil Unikom. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu cara pengenalan baja pada seluruh mahasiswa teknik sipil Unikom. Selain mendapat ilmu tentang baja, semoga kegiatan ini dapat membuka wawasan dan pemikiran seluruh mahasiswa terkait dunia kerja dan prospek kerja teknik sipil dibidang ini, khususnya dalam baja.” ujarnya. (Direktorat Hms & Pro)