Berita

HIMA IP UNIKOM Ajak Mahasiswa Baru Lakukan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

BANDUNG, UNIKOM – Kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker nyatanya masih rendah, dimana penggunaan masker merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 ditengah masa pandemi. Terlebih dengan banyaknya masyarakat yang mulai beraktivitas kembali pada Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Namun nyatanya masih banyak ditemui masyarakat yang beraktivitas di luar rumah tanpa menggunakan masker, menjaga jarak, bahkan hingga bergerombol. Meski hingga kini berbagai cara penanganan virus gencar dilakukan pemerintah, tidak akan berdampak optimal jika masyarakat masih abai terhadap peraturan protokol kesehatan yang diberikan.

Melihat kondisi tersebut, Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (Hima IP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unikom melalui Departemen Sosial dan Rohani bergerak cepat dan bekerjasama dengan Mahasiswa Baru Program Studi Ilmu Pemerintahan untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan cara membagikan masker kepada warga sekitar lingkungannya. Pembagian masker tersebut dilakukan tidak hanya di Kota Bandung saja melainkan di berbagai daerah lainnya.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kampanye untuk mengajak masyarakat menggunakan masker dan pentingnya mencuci tangan. Oleh karena itu, penyerahan bantuan masker ke setiap warga membutuhkan adanya sosialisasi informasi tentang manfaat penggunaan masker tersebut. Kegiatan yang digelar pada Kamis – Jumat, 27 – 28 September 2020 diikuti oleh sebanyak 60 orang yang berasal dari Hima IP dan Mahasiswa Baru Prodi Ilmu Pemerintahan tahun akademik 2020/2021.

Menanggapi kegiatan tersebut secara positif, Dr. Nia Karniawati, M.Si., selaku Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan Unikom menuturkan “Melalui kegiatan PKM Hima IP tersebut diharapkan agar mahasiswa program studi IP dapat menjadi mahasiswa yang peduli terhadap lingkungan dan sesama. Terutama dalam masa pandemi Covid-19 ini, maka diharapkan mahasiswa dapat berperan dalam pencegahan penularan covid-19 melalui kegiatan bagi-bagi masker ke masyarakat sekitar. Meskipun bantuan yg diberikan tidak seberapa, namun diharapkan dapat membuat masyarakat peduli dan menggunakan masker.” ucapnya.

Juandi Permana selaku Ketua Pelaksana kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut menyampaikan “Tujuan dari kegiatan tersebut ialah untuk mengajak masyarakat guna lebih peduli terhadap wabah Covid-19 dan tetap menerapkan physical distancing. Melalui gerakan pembagian masker tersebut merupakan salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid19 di Indonesia. Melihat kedisiplinan masyarakat dalam pemakaian masker cenderung menurun, terlebih di daerah-daerah atau zona yang terindikasi Covid-19, saya mengajak masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan menjelang tatanan normal baru produktif dan tetap menggunakan masker. Marilah kita bersama-sama menjadi pahlawan untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat dengan mentaati protokol kesehatan, dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, selalu menjaga jarak dan menjauhi  kerumunan”. ujarnya. (Direktorat Hms & Pro)