Berita

HIMA ILMU PEMERINTAHAN UNIKOM MENYELENGGARAKAN WEBINAR “PERAN PENTING E-COMMERCE DALAM MEMAKSIMALKAN PEMULIHAN DAN PENINGKATAN EKONOMI DI JAWA BARAT

BANDUNG, UNIKOM - Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UNIKOM menyelenggarakan webinar bertajuk; “Peran Penting  E-Commerce dalam Memaksimalkan Pemulihan dan Peningkatan Ekonomi di Jawa Barat”, pada hari Sabtu, 19 Maret 2022, pukul 10.00 sampai pukul 12.30 WIB. Webinar yang berlangsung melalui aplikasi Zoom Meeting ini dihadiri oleh kurang lebih 70 peserta. 

Webinar diselenggarakan dengan menghadirkan dua narasumber, yaitu Dr. Dewi Kurniasih, S.IP., M.Si selaku Dosen Prodi IP FISIP UNIKOM, dan Erwin Alexander, selaku pengusaha pengolahan sampah. Turut mengundang, sebagai keynote speaker yaitu Hengki Kurniawan, selaku Pelaksana Tugas Bupati Bandung Barat. 

Kirana Puspa Aulia Selaku Ketua Hima IP mengatakan, “Webinar berjalan dengan lancar tetapi ada beberapa kendala salah satunya keynote speaker yaitu Plt Bupati Bandung Barat yang tidak dapat menghadiri acara webinar dikarenakan ada acara yang masih belum selesai. Webinar dapat terlaksana dengan baik dikarenakan kawan kawan panitia dan pengurus HIMA IP  yang telah bekerja keras dari mulai persiapan sampai dengan hari-H, Untuk pesertanya yakni, Anak SMA/SMK, mahasiswa, dan masyarakat luas Kirana berharap, dengan diadakan webinar ini yakni bisa menambah ilmu yang berkaitan dengan situasi ekonomi sekarang di Jawa Barat baik menurut pemerintah, akademisi, dan pengusaha.”ungkapnya

Menurut Dewi Kurniasih, dalam memulihkan ekonomi pada masa pandemi di Indonesia ini akademisi tidak hanya berperan sebagai konseptor, tetapi juga berperan sebagai aktor dalam berbagi informasi dengan para pelaku usaha tentang informasi yang sifatnya baru dan relevan. Erwin Alexander menambahkan Untuk memulai suatu bisnis, generasi muda harus berani dan memiliki jiwa pantang menyerah dengan apa yang sedang dijalankan.

Dilansir dari Website Resmi Provinsi Jawa Barat, bahwa Perkembangan ekonomi digital Jawa Barat sangat menggembirakan. Kondisi tersebut salah satunya tercermin dari pertumbuhan nilai transaksi e-commerce oleh warga Jabar pada pertengahan triwulan III-2021 yang tumbuh 59,03% dibandingkan tahun 2020. Tercatat dari 10 provinsi dengan pangsa pasar transaksi terbesar di Indonesia, baik pembelian maupun penjualan melalui marketplace, Jabar menempati posisi teratas.

Kurangnya pengetahuan mengenai teknis pemasaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi menyebabkan performa usaha terjun bebas, khususnya saat kebijakan PPKM diterapkan di masa Pandemi Covid-19 saat ini.  Semoga dengan diadakannya webinar ini, diharapkan masyarakat lebih paham tentang peran E-Commerce dalam memaksimalkan pemulihan dan peningkatan Ekonomi, khususnya didaerah Jawa Barat. (Direktorat Hms & Pro)