BERITA

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Masuki Tahap Workshop

Senin, 19 November 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Setelah sukses menggelar Ignition 1000 Startup Digital Second Wave pada Oktober 2018 lalu, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang diinisiasi KIBAR bekerja sama dengan Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Unikom memasuki tahap kedua yakni Workshop yang diadakan pada Sabtu-Minggu, 10-11 November 2018 bertempat di Ruang L.018 Smart Building Unikom. Gerakan yang mendukung Indonesia sebagai pusat ekonomi digital Asia kali ini mengusung tema “Memetakan Masalah untuk Menciptakan Solusi dan Peluang Bisnis” dengan ulasan materi terkait design thinking, market validation, dan business model.

Ketua Program Studi DKV Unikom, Dr. Kankan Kasmana, M.Ds, menyampaikan kegiatan ini memberikan manfaat bagi para peserta yang hadir dari berbagai perguruan tinggi di Kota Bandung dimana mereka dapat menjadikannya kesempatan mengembangkan diri dan bersinergi dengan sejumlah startup digital. Selain kalangan mahasiswa, para startup yang memiliki segudang aspirasi untuk menjadi startup founder pun tak menyia-nyiakan momen tersebut untuk mengembangkan bisnis digitalnya di berbagai bidang, diantaranya agrikultur, pendidikan, kesehatan, pariwisata, logistik, dan energi.

Gelaran workshop kali ini menghadirkan sejumlah pembicara kompeten, dari Product Owner, Labtek Indie and CEO, BuildMe Firman Anggriawan, Co-facilitator Labtek Indie Ajeng Puspita, dan hari kedua turut hadir Director, RUN System Sony Rachmadi. Dalam pembahasannya, para peserta diajak untuk menilik peluang dan permasalahan yang muncul mulai dari membangun ide, mengembangkannya, mengidentfikasi ide startup yang mampu melayani berbagai potensial users, sehingga mereka diharapkan mampu melakukan pemetaan masalah pada startup yang tengah atau akan dijalaninya.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital tidak berhenti sampai disini, karena kegiatan ini berlanjut pada tahap hacksprint, guna membantu peserta mengeksekusi ide melalui pendampingan para mentor kompeten dibidangnya hingga masuk pada tahap bootcamp sebagai puncak dari gerakan ini. Tahap bootcamp menjadi program mentoring intensif selama dua hari untuk membantu startup meluncurkan dan membesarkan produk mereka. Hingga akhirnya, peserta Gerakan Nasional 1000 Startup Digital melakukan pitching session dihadapan para stakeholder industri serta berkesempatan untuk mengikuti networking dinner bersama para pelaku media, pemerintah, industri, dan komunitas.

Melalui Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital diharapkan menjadi langkah nyata untuk menciptakan masa depan ekonomi digital Indonesia yang lebih baik dengan mentransformasi Indonesia menjadi negara maju ditunjang generasi muda sebagai motor penggeraknya. (Direktorat Hms & Pro, diolah dari berbagai sumber)

Belajar Bahasa dan Budaya Jepang di Japan Corner Perpustakaan Unikom
Rabu, 19 Juni 2019
Unikom Awali Aktivitas dengan Kegiatan Halal Bihalal 1440 H
Selasa, 18 Juni 2019
Open House Idul Fitri 1440 H: Pererat Tali Silaturahim antar Civitas Akademika Unikom
Senin, 17 Juni 2019