BERITA

Gelar Sosialisasi dan Workshop, Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom Kejar Target Akreditasi Jurnal

Jumat, 03 Mei 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom kembali menggelar Sosialisasi dan Workshop yang diikuti para pengelola jurnal Unikom tingkat universitas, fakultas, dan program studi, di Ruang Magister Sistem Informasi Kampus I Unikom, Selasa (30/4/2019). Agenda kegiatan kali ini fokus pada Digital Object Identifer (DOI), Indeksasi Directory of Open Access Journals (DOAJ), dan Learning Management System (LMS), dengan menghadirkan narasumber Dr. Uwes Fatoni (Koordinator Relawan Jurnal Indonesia Wilayah Jawa Barat) dan Adam Mukharil Bachtiar, S.T.,M.Kom (Direktur Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi Unikom).

Mengawali sesi pertama, Uwes menjelaskan tentang DOI dari tahap persiapan setting, setup DOI OJS 3, aktivasi, hingga cara mengetahui nomor DOI pada artikel yang akan terbit. Selain memperoleh materi, pengelola jurnal Unikom juga mengaplikasikannya secara langsung pada jurnal masing-masing bidang sebagai bentuk simulasi. Hal serupa juga dilakukan ketika Uwes memaparkan materi terkait DOAJ. Sementara itu, pada sesi kedua para pengelola jurnal memperoleh materi tentang LMS yang disampaikan Direktur PTSI Unikom.

Menurut Uwes antusiasme positif pengelola jurnal Unikom dalam mengejar target jurnal terakreditasi, selaras dengan program pemerintah yang saat ini menggenjot hal tersebut. “…pemerintah tengah menargetkan 7.000 jurnal terakreditasi nasional dengan enam peringkat dalam waktu dua tahun dan saat ini baru sekitar ± 2.300 jurnal, artinya momen inilah yang dapat dimanfaatkan oleh Unikom agar semakin gencar meningkatkan kualitas jurnal guna mencapai akreditasi jurnal yang peringkatnya tinggi,” tuturnya. Dirinya menilai pengelolaan jurnal di Unikom telah mengalami peningkatan dan perubahan signifikan seiring dengan workshop yang telah digelar oleh Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom.

Sejalan dengan hal tersebut, Direktur Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom, Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP.,M.Si, menuturkan bahwa akreditasi jurnal memang menjadi targetnya di tahun ini. “…jurnal-jurnal di Unikom mulai ditargetkan akreditasi di tahun ini sehingga untuk mencapai hal tersebut perlu adanya kerja sama dalam pengelolaaanya agar mencapai Sinta yang levelnya tinggi, terlebih dalam hal p-ISSN dan e-ISSN sudah 75% jurnal di unikom memiliki P-ISSN dan e-ISSN,” ujar Poni.

Selain pengelolaan jurnal, Poni menggarisbawahi pentingnya menyampaikan laporan bulanan dari masing-masing pengelola jurnal. “…dari laporan bulanan yang kami terima, akan diketahui berapa banyak artikel yang akan terbit di setiap volume, berapa banyak yang sudah di submit, review, dan sebagainya, sehingga laporan ini sifatnya penting dan harus dilaporkan setiap bulan sebelum tanggal 20,” jelasnya.

Optimisme untuk akreditasi jurnal mendapat dukungan penuh Wakil Rektor Bidang Inovasi, Pengembangan, Aset, dan Kerjasama Unikom, Dr. Ir. Herman S. Soegoto, MBA. “Jika sebagian besar jurnal di Unikom telah memiliki p-ISSN dan e-ISSN, kami akan dorong jurnal di bidang kerja lainnya yang belum agar segera memproses ISSN tersebut, semoga semakin banyak artikel yang masuk, dan jurnal di Unikom menjadi salah satu jurnal yang diperhitungkan,” ujar Herman.

Melalui gelaran ini diharapkan dapat memperluas wawasan pengelola jurnal di Unikom dalam mengelola jurnalnya baik tingkat universitas, fakultas, ataupun program studi. Sehingga target akreditasi jurnal, dapat tercapai di tahun ini. (Direktorat Hms & Pro)

Kuisioner Tracer Study 2019: Isi Kuisioner Bertabur Hadiah
Kamis, 17 Oktober 2019
Informasi Lowongan Pekerjaan : Dremgen PTE LTD
Kamis, 17 Oktober 2019
Selamat dan Sukses atas Sidang Promosi Doktor Program Studi Pengembangan Kurikulum Dr. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd
Kamis, 17 Oktober 2019