Berita

Fakultas Pascasarjana UNIKOM Menggelar Workshop Digital Entrepreneurship: “Millennial Inovatif Entrepreneurship”

BANDUNG, UNIKOM – Dewasa ini sektor informal masih mendominasi pasar kerja, dengan sekitar 57% dari total tenaga kerja bekerja di sektor tersebut. Kondisi ini menunjukkan bahwa banyak pekerja yang belum mendapatkan jaminan sosial dan perlindungan ketenagakerjaan yang memadai. Di sisi lain, sektor digital dan teknologi mengalami pertumbuhan pesat, menciptakan banyak lapangan kerja baru di bidang startup teknologi, e-commerce, dan fintech. Bidang tersebut banyak menyerap tenaga kerja muda yang terampil dan berpendidikan.

Tantangan lain yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah ketidakcocokan antara pendidikan dan keterampilan yang dimiliki tenaga kerja dengan kebutuhan industri. Banyak lulusan perguruan tinggi yang bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan studinya. Selain itu, Indonesia juga mengirimkan banyak pekerja migran ke luar negeri. Tenaga Kerja Indonesia (TKI) memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian melalui remitansi yang mereka kirimkan ke tanah air.

Dalam menyikapi hal tersebut dan untuk memenuhi tugas mata kuliah “E-Business Kewirausahaan" dengan dosen pengampu Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T. dan Assoc. Prof. Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra., M.Si., pada Program Studi Magister Sistem Informasi, maka Assoc. Prof. Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra, M.Si menggagas PASMA Fakultas Pascasarjana UNIKOM untuk berkolaborasi bersama dengan FORMACA UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam menyelenggarakan workshop digital entrepreneurship bertajuk “Millennial Inovatif Entrepreneurship: Pemanfaatan Digital Banking untuk Membangun Usaha Sejak Dini” yang dilaksanakan pada hari Jumat, 09 Agustus 2024 bertempat di Auditorium Lantai 4 Miracle Building UNIKOM. (Direktorat Hms & Pro)