Berita

Fakultas Pascasarjana Unikom Gelar Sosialisasi Dan Silaturahmi (Sisi) Dalam Menyambut Mahasiswa Baru Ta 2024-2025

BANDUNG, UNIKOM – Fakultas Pascasarjana UNIKOM kembali menggelar kegiatan Sosialisasi dan Silaturahmi (SISI) dalam rangkaian kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2024-2025, yang dilaksanakan pada Sabtu, 28 September 2024.

Bertempat di Auditorium Lantai 4 Miracle Building UNIKOM, acara SISI dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Pascasarjana UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra., M.Si.. Dalam sambutan pembukanya, ia menyampaikan terimakasih dan selamat datang kepada para mahasiswa baru S2 maupun S3 TA 2024-2025. Baginya, mahasiswa baru yang masuk ke Fakultas Pascasarjana UNIKOM bukan hanya sekedar mahasiswa, tapi lebih daripada itu, sebagai “para kolega” yang ada di lingkungan Fakultas Pascasarjana. Dimana mereka akan mendapat materi-materi kuliah dari para dosen yang sangat kompeten dan sesuai dengan kompetensi dan kemampuannya untuk mengampu mata kuliah yang sudah dirancang masing-masing prodi. Dalam sosialisasi dan silaturahmi tersebut,  ia pun memberikan informasi terkait Fakultas Pascasarjana, dimana UNIKOM telah memperoleh akreditasi unggul. Pada kesempatan tersebut, Dr. Rahma juga menjelaskan isis dari Surat Edaran Menteri yang mencantumkan bahwa mahasiswa program Magister maupun Doktor wajib melakukan penelitian yang menghasilkan karya ilmiah untuk dipublish pada jurnal yang terakreditasi. Karya ilmiah mahasiswa program Doktor (S3) wajib diterima di jurnal internasional bereputasi. Untuk mahasiswa program Magister (S2) mahasiswa diwajibkan mengikuti international conference yang diselenggarakan di UNIKOM, yaitu INCITEST atau ICOBEST, sementara untuk mahasiswa program Doktor (S3) diperbolehkan mengikuti international conference di dalam atau pun di luar UNIKOM.

Selanjutnya, Dr. Rahma memperkenalkan unsur pimpinan dalam struktur organisasi UNIKOM. Ia pun menjelaskan Visi, Misi, maupun Tujuan dari Fakultas Pascasarjana UNIKOM. Ia pun memperkenalkan masing-masing Ketua Program Studi, para dosen dan sekretariat di lingkungan prodi dan fakultas, serta keberadaan Pusat Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa Pascasarjana (PASMA) Fakultas Pascasarjana UNIKOM. Selain itu, Dr. Rahma juga mengungkapkan bahwa setiap prodi sudah memiliki jurnal yang merupakan kumpulan hasil penelitian yang telah dilakukan mahasiswa maupun dosen di lingkungan Fakultas Pascasarjana UNIKOM. Lebih lanjut ia menguraikan berbagai kegiatan yang digelar fakultas, antara lain, Internasional Coaching, Webinar yang melibatkan dosen, mahasiswa, dan juga alumni, Penelitian hibah dari kementrian untuk dosen dan mahasiswa, kunjungan industri, kegiatan pengabdian baik online maupun offline, juga PKM internasional yang telah digagas fakultas.

Dalam wawancara terpisah, Dr. Rahma menyampaikan, kegiatan SISI digagas dalam rangka menyambut mahasiswa baru program Doktor dan Magister di lingkungan Fakultas Pascasarjana UNIKOM TA 2024-2025 yang merupakan wujud kolaborasi dan kebersamaan sivitas akademika dalam menjalin atmosfir akademik, karena prodi-prodi yang ada berbagai variasi rumpun ilmu, sehingga kami ingin memadukan kekuatan besar yang luar biasa yang bisa kita bangun bersama. Ia berharap, “semoga program ini bisa dilaksanakan secara rutin setiap tahun, bahkan nantinya akan dibuat program kegiatan lain yang lebih bervariasi, yang mengarah ke internasionalisasi”, demikian pungkasnya. Menutup sambutan dan paparan materinya, Dr. Rahma mengajak seluruh hadirin untuk menyuarakan yel-yel UNIKOM bersama-sama, “muda, unggul, prestasi dunia” dan “Pascasarjana UNIKOM selalu di hati”. Yel-yel tersebut menunjukkan prestasi UNIKOM dan kecintaan sivitas akademika terhadap UNIKOM, serta memotivasi untuk terus berprestasi menuju World Class University.

Acara yang berlangsung secara hybrid tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Kerjasama UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, S.T., M.T., CSBA., Dekan Fakultas Pascasarjana, Assoc. Prof. Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra.,M.Si., Ketua Program Studi Doktoral Ilmu Manajemen - S3, Prof. Dr. Ir. H. M. Yani Syafei, M.T, CSBA., Ketua Program Studi Magister Manajemen - S2, Assoc. Prof. Dr. Deden Abdul Wahab Sya'roni, Ir.,M.Si., Ketua Program Studi Magister Sistem Informasi - S2, Dr. Yeffry Handoko Putra, S.T, M.T., Kepala Biro Administrasi Fakultas Pascasarjana, Drs. H Sutiman Abdul Hamid., Koordinator Kemahasiswaan, Geraldi Catur Pamudji, S.Kom., M.Kom, beserta para dosen, sekretariat, dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Pascasarjana UNIKOM.

Agenda acara SISI dilanjutkan dengan perkenalan dan pemaparan masing-masing Ketua Program Studi, disambung sesi diskusi dan tanya jawab yang berlangsung interaktif antar mahasiswa dan Kaprodi di masing-masing sesi, dan diakhiri dengan foto bersama guna dokumentasi. (Direktorat Hms & Pro).