Berita

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIKOM Laksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Sentra UMKM Batik Kampung Kauman Solo

BANDUNG, UNIKOM – Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNIKOM telah melaksanakan rangkaian kegiatan PKM yang berlangsung selama 3 (tiga) hari, mulai dari tanggal 15 sampai dengan 17 November 2023, dengan mengunjungi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sentra Batik yang tersebar di kota Semarang, Yogyakarta, dan Solo.

Dekan FEB UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Ely Suhayati., S.E., M.Si., Ak., CA., CFA., dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan kegiatan PKM secara bersama-sama tersebut diharapkan dapat menambah keeratan silahturahmi antar dosen tetap di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam mengimplementasikan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sementara itu, Dr. Raeni Dwi Santy, S.E., M.Si., CIMA, selaku Ketua Pelaksana PKM FEB menuturkan, kegiatan PKM tersebut merupakan bagian dari implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat dalam kerangka pembinaan kepada para pelaku UMKM Batik di Kampung Kauman Solo, yang diikuti oleh 19 (Sembilan belas) dosen di lingkungan FEB UNIKOM. Selain itu, melalui kegiatan PKM yang dilaksanakan bersama-sama secara terintegrasi tersebut, juga ditujukan untuk mempererat kembali tali silaturahmi antar dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Ia berharap, “dengan adanya kegiatan PKM bersama ini, diharapkan dosen dapat mengimplementasikan dan membagi ilmu yang dimilikinya kepada masyarakat pengrajin dan pengusaha batik di daerah sentra Batik Kauman Solo. Diharapkan juga dapat membantu memberikan solusi terhadap masalah yang tengah dihadapi para pelaku usaha batik terkait dengan topik yang diberikan oleh masing-masing dosen”, demikian tuturnya.

Rangkaian kegiatan PKM di Sentra Batik Kauman Solo tersebut, diawali dengan pemaparan materi, dilanjutkan diskusi dan silaturahmi di masing-masing tempat pelaksanaan PKM. Adapun anggota Tim yang turut serta berpartisipasi pada kegiatan PKM di Kampung Kauman Solo tersebut antara lain, Dr. Surtikanti., S.E.., M.Si., Ak., CA., Assoc. Prof. Dr. Lilis Puspitawati., S.E., M.Si., Ak., CA., CRP., CSRS., Assoc. Prof. Dr. Sri Dewi Anggadini, S.E., M.Si., Ak., CA., Dr.  Lita Wulantika, S.E., M.Si. dan Edi Firdaus, S.Kom., M.Kom., melaksanakan PKM di Batik Benang Ratu; Sementara, Dr. Tatang Supriyadi, S.E., M.M., Trustorini Handayani., S.E., M.Si., dan Assoc. Prof. Dr.  Isniar Budiarti., S.E., M.Si., di Batik Genes Kauman Solo; Assoc. Prof. Dr. Ely Suhayati., S.E., M.Si., Ak., CA., CFA., Assoc. Prof. Dr. Siti Kurnia Rahayu., S.E., Ak., M.Ak., Dr. Adeh Ratna Komala., S.E., M.Si., CERA., Dr. Raeni Dwi Santy., S.E., M.Si., CIMA., Dr. Linna Ismawati., S.E., M.Si., CFRM., Assoc. Prof. Dr.  Agus Riyanto., ST., M.T., Hadi Purnomo, S.E., M.M., dan Dr. Rizki Zulfikar, S.E., M.Si., di Batik Gunawan Setiawan; serta Mari Maryati, S.E., M.M., Yayah Sutisnawati, S.E., M.M., dan Dr. Senny Luckyardi, S.P., M.M., di Batik Dani Kauman. (Direktorat Hms & Pro).

Artikel Berikutnya