BERITA

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikom Adakan Kegiatan Pelatihan Penyusunan Penelitian dan PKM

Rabu, 21 April 2021 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikom mengadakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Penelitian dan PKM. dalam rangka mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat untuk Dosen tetap di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang digelar Secara daring melalui zoom meeting pada Jumat 16 April 2021. Pada kesempatan tersebut turut hadir Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., M.Si, Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Kerjasama Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, S.T., M.T, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Assoc. Prof. Dr. Ely Suhayati, S.E., M.Si., Ak.CA. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Assoc. Prof. Dr. Lilis Puspitawati, S.E., M.Si., Ak.CA. Para Kaprodi di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Para Koordinator Penelitian, Para Koordinator PKM serta Dosen tetap di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikom.

Ely Suhayati mengatakan, kegiatan tersebut berlatar belakang ingin menyamakan format penelitian di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis berkaitan dengan penelitian dan PKM. Karena dari cover dan lembar pengesahan konten antar satu prodi dengan prodi lainya berbeda, kegiatan tersebut adalah bagian dari tindak lanjut dari rapat sebelumnya yang sudah dilakukan di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan para Kaprodi, serta para koordinator penelitian dan PKM. Untuk itu Ely menyebutkan telah mengundang sebagai narasumber yaitu Direktur Penelitian Pengabdian Pemberdayaan Masyarakat (DP3M) Unikom Dr. Wendi Zarman, M.Si. dan Ketua Divisi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DP2M) Unikom Dr. Tatik Fidowaty, S.IP., M.Si. Ely berharap bahwa dengan diadakan kegiatan tersebut Fakultas Ekonomi dan Bisnis sistematis, format untuk kedepan nya akan sama terkait dengan Prodi yang ada di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.”ungkapnya

Memasuki acara inti, pemateri pertama disampaikan oleh Wendi Zarman menurutnya kinerja penelitian setiap tahun Unikom harus melaporkan kinerja penelitian ke Dikti dan nanti setiap tiga tahun aka nada evaluasi dan menemukan Unikom itu ada pada peringkat berapa. Untuk diketahui bahwa saat ini Unikom sudah ada pada peringkat dua. Harapan kedepan menjadi peringkat satu dan untuk mencapai itu semua secara umum menyangkut empath hal yaitu 1) Sumber daya penelitian 30%, 2) Manajemen Penelitian 20%, 3) Luaran Penelitian 35% dan 4) Revenue generating 15%. Secara keseluruhan fokus penelitian di Unikom mengenai 1) Teknologi informasi dan komunikasi 2) Rekayasa 3) Sosial Humaniora dan 4) Seni dan desain. Yang terakhir Wendi Zarman sampaikan tentang skema penelitian di Unikom yaitu 1) Dasar, 2) Terapan, 3) Kerjasama dan 4) Kompetisi.

Selanjutnya, Tatik Fidowaty mensosialisasikan apa saja yang harus dilakukan dalam mengisi kinerja pengabdian kepada masyarakat. Pada halaman website simlitabmas.ristekbrin.go.id.”  Tatik menjelaskan bahwa pada Menu Utama dalam website tersebut terdapat Sumber Daya yang meliputi 1) Pengabdian Dana Kemenristek/BRIN, 2) Pengabdian Dana Non Kemenristek/BRIN, 3) Unit Usaha Kampus, 4) Kelembagaan Pengabdian, 5) Unit Fasilitas Penunjang. Kemudian terdapat dalam Menu Utama yaitu Manajemen, Luaran, Revenue Generating.

Setelah kedua pemateri menyampaikan materi nya kegiatan dilanjutakan dengan sesi diskusi dan tanya jawab berbagai pertanyaan dan saran pun diberikan oleh para peserta, semoga dalam kegiatan tersebut mendapkan banyak manfaat khusus nya dalam rangka mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat dan acara diakhiri dengan sesi dokumentasi secara virtual. (Direktorat Hms & Pro)

Informasi Referensi dan Panduan Persiapan Mengikuti Pelaksanaan Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2021
Senin, 17 Mei 2021
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal - 1442
Rabu, 12 Mei 2021
Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung, Jalin Kerjasama Dengan Asosiasi Profesi Teknik Indonesia (APTI)
Jumat, 07 Mei 2021