Berita

Dua Inovasi Unikom Lolos Menjadi Finalis Mewakili Indonesia Pada Ajang Asean ICT Awards (AICTA) 2021

BANDUNG, UNIKOM - ASEAN ICT Award atau disingkat AICTA merupakan proyek bersama kementerian bidang telekomunikasi di negara-negara ASEAN yang bertujuan mempromosikan inovasi dan kolaborasi antara pemerintah, pebisnis, dan institusi lainnya. AICTA merupakan program penghargaan bereputasi di bidang industri teknologi di ASEAN. Gala dinner AICTA akan menjadi acara jejaring utama dalam kalender bisnis teknologi.

Ajang AICTA sebagai ajang kompetisi Karya TIK tertinggi di tingkat ASEAN penghargaan ini merupakan penghargaan bisnis yang paling dihormati di industri teknologi ASEAN. Gala dinner dalam ASEAN ICT Awards akan menjadi acara jejaring utama dalam kalender bisnis teknologi dimana semua pihak bisa bertemu dan menambah relasi. Penghargaan ini menambah motivasi bagi pelaku industri tersebut dan akan mendapatkan pengakuan dari sesama pelaku industri teknologi.

Tahun ini, Myanmar menyelenggarakan Penghargaan ICT ASEAN ke-9 pada tahun 2021, yang merupakan kompetisi AICTA online pertama yang sepenuhnya online. Sebanyak 95 entri dari Negara Anggota ASEAN telah berpartisipasi dalam ASEAN ICT Awards 2021 dengan 6 (enam) Kategori Penghargaan: Public Sector, Private Sector, Corporate Social Responsibility, Digital Content, Start-up Company and Research and Development.

Penjurian pendahuluan telah diadakan secara online dari 18 Oktober hingga 24 November 2021 di mana juri terhormat dari semua Negara Anggota ASEAN mengevaluasi entri untuk memilih yang terbaik. Para finalis untuk masing-masing kategori telah dipilih untuk memperebutkan hadiah akhir dalam Penjurian Final yang akan diadakan secara online pada tanggal 14 dan 15 Desember 2021 dan pemenang akan diumumkan pada tanggal 17 Desember 2021.

Sangat membanggakan bahwa dua Tim Inovasi Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung, berhasil lolos mewakili Indonesia sebagai finalis ASEAN ICT AWARD (AICTA) 2021. Kedua Tim tersebut adalah 1) Super Neli Season I Kategori Digital Content, 2) Rivest “Your Smart Driving System” Kategori Research and Development.

Menanggapi hal tersebut, Rektor Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, MT. Saat Pidato Pelepasan Wisudawan ke-36 mengatakan bahwa “sangat membanggakan bahwa Unikom bisa lolos dan menjadi finalis pada ajang internasional ASEAN ICT AWARD (AICTA) 2021 mewakili Indonesia. Eddy juga mengungkapkan bahwa Unikom masuk kedalam dua kategori yakni Super Neli Season I Kategori Digital Content, dan Rivest “Your Smart Driving System” Kategori Research and Development. Eddy mengatakan bahwa Mahasiswa Unikom, Wisudawan Unikom sangat berprestasi, berbagai prestasi telah banyak diraih mulai dari Tingkat Regional, Nasional dan Internasional. Unikom sangat aktif mengikuti kejuaraan dan itu sangat membanggakan”ungkap Eddy

Para pemenang nantinya akan dianugerahi Piala dan Sertifikat Penghargaan AICTA, dan akan diberikan pada Pertemuan Menteri Digital ASEAN ke-2 yang akan diadakan secara virtual pada Januari 2021. Besar harapan bahwa Unikom mewakili Indonesia akan menjadi juara pada ajang ASEAN ICT AWARD (AICTA) 2021 (Direktorat Hms & Pro)