Berita

Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Raih Gelar Kompetensi Bersertifikat Internasional

BANDUNG, UNIKOM – Seritifikasi atau uji kompetensi baik yang diakui secara nasional hingga skala internasional menjadi sebuah pendukung seseorang untuk dapat dinilai memiliki  kompetensi  dalam sebuah profesi atau keilmuannya. Pada dunia kerja melalui sertifikasi profesi dapat menjadi pendukung gelar akademik yang telah dimiliki. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dikatakan bahwa gelar profesi dapat menjadi motivasi para pelaku akademik guna membangun diri sehingga layak dikatakan kompeten dalam profesi yang digelutinya sekaligus dapat mendukung akreditasi dan nama baik Perguruan Tinggi dimana mereka mengabdi.

Sejalan dengan hal tersebut, setelah kurang lebih 3 (Tiga) bulan menunggu hasil Pelatihan dan ujian Kompetensi Ahli Komunikasi Bersertifikat internasional yang diikuti oleh Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom sekaligus Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS., Menurut pengakuan Desayu Hari Jum'at tanggal 27 Maret 2020, kabar kelulusan diterimanya dengan berucap syukur yang mendalam kepada Allah SWT dan ucapan terima kasih kepada Rektor Unikom atas support dan dukungannya. Desayu menyampaikan melalui kelulusan tersebut, dirinya mendapatkan 3 lembar kertas yaitu: 1) Surat yang berisi Ucapan Selamat dari George Mentz, JD, MBA., CILS, ,MPM sudah selaku Fellow AAPM, AAPM Board of Standard, CEO and International Legal counsel. 2) Sertifikat Bukti keanggotaan dalam The American Academy of Project Management (AAPM), 3) Sertifikat Yang memperjelas secara Legal tentang Kelayakan (Lisensi) menyandang Gelar Kompetensi yaitu CICS (Certified Internatinal Communication Specialist).

Tahapan proses yang diikuti oleh Desayu yaitu selama 3 hari penuh, terhitung mulai jum'at 20 Desember 2020 hingga minggu, 22 Desember 2019. Dimana dimulai dengan pelatihan selama 2 (dua) hari dengan durasi 14 jam setiap harinya, dilanjutkan pada hari ke-3 yaitu  ujian kompetensi secara tertulis yang terdiri dari 3 kelompok bidang, diantaranya pemahaman pada keilmuan, implementasi ilmu dan teori, inovasi dan kreatifitas pengembangan ilmu.

Sertifikat internasional tersebut dikeluarkan oleh American Academy of Project Management yang merupakan Lembaga Sertifikasi Manajemen Proyek Global yang diakui oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Indonesia dan lebih dari 150 negara di dunia. Dilansir dari http://certifiedprojectmanager.us/ bahwa Dewan American Academy of Project Management (AAPM) telah menyetujui dan mengakreditasi lebih dari 40 Program Diploma, Sertifikat, dan Gelar Manajemen Proyek Khusus yang membuat para pihak dapat dikatakan kompeten dalam memenuhi syarat untuk sertifikasi tersebut.

Atas pencapain tersebut, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS., menyampaikan keikutsertaannya dan  kelulusannya pada kesempatan bergengsi tersebut sangat disyukurinya dan sangat berterima kasih pada semua pihak yang terlibat. Desayu meyakini tanpa Keridhoan Allah dan izin serta support dari Rektor Unikom, iringan do'a dari keluarga, serta kedalaman Ilmu yang diberikan oleh para pemateri khususnya Presiden AAPM Chapter Indonesia, Prof. Dr. Ir. Fauzi Hasan, M.M., MBA., MPM., CWM., ASCA., dan Dr. Rosmawaty Hilderiah Panjaitan, S.Sos., MT., CPR., CICS., selaku Certification Program Director AAPM.  Desayu sangat menyadari tanpa semua pihak yang disebutkannya, perjuangannya tidak akan berbuah hasil bila hanya mengandalkan keilmuan yang sudah dimilikinya. Desayu berkomitmen untuk terus belajar mendalami profesional keilmuannya yaitu Ilmu komunikasi secara umum, Public Relation secara khusus. (Direktorat Hms & Pro)