BERITA

Divisi Animasi Unikom Menjadi Inspirator di Bidang Kompetisi Animasi

Senin, 13 November 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Divisi Animasi Unikom yang diketuai oleh Robby UL Pratama, menjadi pembicara di ajang Animasi Cikini (Animakini) 2017 bertempat di Pusat Kebudayaan Jerman Jakarta/Goethe Haus Jakarta, pada Jumat (10/11). Bersama anggotanya dari mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), yakni Dinda Herdiyawan, Muhammad Sirojuddin, dan Januar Primasti, mereka membagikan ilmu dan pengalamannya terkait strategi berkompetisi, di hadapan para peserta dari kalangan akademisi, mahasiswa, pelajar, dan praktisi animasi nasional.

“...ini merupakan kali pertama Divisi Animasi Unikom diundang oleh penyelenggara Animakini 2017 untuk menjadi narasumber pada sesi seminar dan talkshow, tepatnya di hari ketiga dari rangkaian acara Animakini 2017. Kami pun sharing ilmu serta menceritakan pengalaman kami selama mengikuti kompetisi ‘Asiagraph Reallusion Student Award 2017’ di Taiwan,” ujar Robby.

Sebelumnya, Divisi Animasi Unikom yang meraih gelar Juara 2 pada “Asiagraph Reallusion Student Award 2017 Indonesia Local Round”, berhasil mewakili Indonesia untuk berkompetisi di  ajang lomba cipta animasi tingkat Asia (asia round), pada Agustus 2017 lalu. Saat itu, kompetisi yang digelar di Taiwan National University of Arts, Taiwan, berhasil mengantarkan Divisi Animasi Unikom raih penghargaan kategori Outstanding Works dan mendapatkan beasiswa dari Shanghai Vancouver Film School, serta karyanya ditampilkan selama tiga hari di Pameran Asiagraph di Jepang.

Mengusung tema “Cinta Animasi Indonesia”, Animakini 2017 sukses digelar selama tiga hari pada 8-10 November 2017 dengan serangkaian acara menarik, bermanfaat, dan mencerahkan, antara lain: 1) Seminar; 2) Pameran; 3) Talkshow; 4) Masterclass; dan 5) Workshop. Seperti dilansir dari animakini.id, Animakini 2017 atau animasi terkini adalah event Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Creative Labs bekerjasama dengan Fakultas Seni Rupa-Institut Kesenian Jakarta untuk menyelenggarakan kegiatan berkaitan dengan pengembangan Pusat Unggulan Animasi.

Kegiatan yang menjadi wadah para animator, pecinta animasi, dan industri animasi di Indonesia khususnya Jakarta, ditujukan untuk meningkatkan industri dan ekonomi kreatif di bidang animasi, serta menguji hasil dari penyusunan grand strategi sub sektor animasi, guna melengkapi database yang berkaitan dengan animasi dari sisi pendidikan maupun industrinya. Lain daripada itu, kegiatan ini pun digelar dalam rangka membahas perkembangan animasi di Indonesia dalam lingkup ekosistem animasi.

Animakini 2017 yang berhasil mengumpulkan para animator dan pecinta animasi dari kalangan pelajar, mahasiswa, hingga praktisi animasi, diharapkan menjadi momen yang tepat untuk bersama-sama membangun strategi dalam mempromosikan industri animasi. Sehingga, ajang ini mampu memberikan motivasi, semangat berbagi, dan menularkan pengetahuan di bidang animasi, guna melahirkan regenerasi pelaku animasi dan membangun pusat unggulan animasi di Indonesia. (Direktorat Hms & Pro, diolah dari berbagai sumber)

 

Pembukaan PKPA DPC PERADI Bandung dan Fakultas Hukum Unikom
Rabu, 22 November 2017
Pengumuman Gagal Autodebet Angsuran 2 Tahap 3 T.A 2017/2018
Selasa, 21 November 2017
KPM Unikom Raih Prestasi di Ajang “Protocol Fair 2017”
Selasa, 21 November 2017