Berita

Climate Change: Education For Our Future Seminar Di Sdn 054 Tikukur - Bandung Sebagai Aksi Nyata Mahasiswa Kelas Ik-5 Untuk Bumi

BANDUNG, UNIKOM – Pendidikan merupakan salah satu aspek dasar terpenting dalam memberikan edukasi terkait perubahan iklim yang menjadi sebuah isu global dewasa ini. Menyikapi hal tersebut, mahasiswa Kelas IK-7 Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNIKOM Angkatan 2022 menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Climate Change : Education For Our Future” bertempat di SDN 054 Tikukur, Jl. Titimplik, Kecamatan Coblong - Kota Bandung.

Kamis, 1 Agustus 2024, agenda acara diawali pembukaan oleh Chindy Cloudya Sitinjak selaku MC. Dilanjutkan sambutan dari Kepala Sekolah SDN 054 Tikukur, Dr.Sri Winggowati, M.Pd. Dalam sambutannya Dr. Sri menyampaikan terimakasih telah memilih dan mempercayakan SDN 054 Tikukur untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan PKM. Agenda kegiatan dibuka secara resmi oleh Yasundari, S.I.Kom., M.I.Kom., selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Komunikasi Instruksional di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNIKOM. Dalam sambutan pembukanya, ia menyampaikan, dalam upaya meningkatkan kualitas komunikasi instruksional di sekolah, perlu dilakukan upaya yang lebih sistematis dan terencana. Ia berharap kegiatan serupa bisa dilanjutkan oleh generasi berikutnya. Lebih jauh, Yasundari menyatakan, kegiatan tersebut merupakan implementasi mata kuliah Komunikasi Intruksional yang diberikan bagi mahasiswa di semester IV. Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut yaitu untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang perubahan iklim di kalangan siswa Sekolah Dasar, khususnya siswa kelas V.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Galih Raka Pratama mengungkapkan, kegiatan PKM tersebut juga merupakan proyek akhir Mata Kuliah Komunikasi Instruksional sebagai bentuk implementasi dari Strategi Komunikasi Instruksional yang efektif. Serta untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap perubahan iklim yang sedang terjadi saat ini. Pada kesempatan tersebut, Galih menyerahkan langsung secara simbolis tanaman untuk ditanam di SDN 054 Tikukur sebagai bentuk aksi nyata menjaga bumi dari dampak perubahan iklim, salah satu caranya yaitu dengan menanam pohon yang nantinya dapat bermanfaat di masa depan.

Memasuki acara inti, para peserta yang terdiri atas siswa kelas V dibagi menjadi 3 kelompok. Dimana mahasiswa yang berperan sebagai mentor masing-masing kelompok, menjelaskan mengenai perubahan iklim mulai dari definisi, penyebab perubahan iklim, dampak perubahan iklim, mengapa menyelamatkan bumi sangat penting dan tindakan apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi perubahan iklim. Kegiatan tersebut dikemas dalam pembelajaran di kelas yang dikemas dengan sangat menarik. Mahasiswa berbagi ilmu pengetahuan dalam materinya tentang perubahan iklim melalui pelajaran yang interaktif disertai games yang menyenangkan agar menarik antusias dari siswa. Mahasiswa mengajar materi tentang perubahan iklim melalui pelajaran yang interaktif dengan games yang menyenangkan agar menarik antusias dari siswa. Adapun kegiatan yang dilakukan oleh para peserta meliputi, menonton video edukasi, dilanjutkan pemaparan materi terkait perubahan iklim, dilanjutkan pemutaran video kembali terkait dampak perubahan ikllim, yang terjadi pada flora dan fauna akibat perubahan iklim, sampai pemaparan materi terkait bagaimana pencegahan dari perubahan iklim.

Usai pemaparan materi, para mentor membagikan gambar yang menunjukan contoh-contoh bagaimana cara mengurangi dampak perubahan iklim. Pada waktu tersebut, para siswa menebak mana gambar yang menunjukkan contoh-contoh dari pengurangan dampak perubahan iklim. Ajang kreativitas dilakukan setelah pemaparan dan latihan. Para siswa mewarnai gambar yang berkenaan dengan menjaga bumi. Setelah itu, dilakukan penilaian untuk mencari gambar yang terbaik. Apresiasi diberikan pada 3 siswa yang memiliki gambar terbaik. Selesai acara mewarnai, selanjutnya para peserta diajak untuk mengikuti games yang sudah disiapkan. Diantaranya, menebak nama flora dan fauna yang sudah punah. Hal ini dilakukan dengan membacakan ciri-ciri flora dan fauna yang sudah punah kemudian para siswa diberikan waktu beberapa detik untuk menjawab nama flora dan fauna tersebut.

Rangkaian Kegiatan PKM di SDN 054 Tikukur berjalan dengan lancar, namun tidak dipungkiri ada beberapa kendala teknis yang terjadi di awal kegiatan, yang akan menjadi bahan evaluasi, baik bagi mahasiswa maupun dosen dalam menyelenggarakan kegiatan selanjutnya. Turut hadir dalam kegiatan PKM tersebut, Safutra Rantona, M.I.Kom., yang juga Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNIKOM. Rangkaian kegiatan PKM di SDN 054 Tikukur - Bandung, ditutup dengan foto bersama guna dokumentasi. (Direktorat Hms & Pro).