Berita

BEM UNIKOM Tuan Rumah Musyawarah Bem Si Nasional Ke-XVII: “Mempererat Nkri Dengan Citra Karsa Karya Priangan Dalam Semangat Trasformasional”

BANDUNG, UNIKOM – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Komputer Indonesia (BEM UNIKOM) telah Menggelar kegiatan Musyawarah Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia Ke-XVII dengan mengusung tema “Mempererat NKRI dengan Citra Karsa Karya Priangan dalam Semangat Transformasional”. Kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) tersebut mengundang 328 kampus di seluruh Indonesia, dengan menyertakan 2 orang perwakilan dari setiap kampusnya.

BEM UNIKOM mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan Musyawarah Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (MUNAS BEM SI) ke XVII tahun ini, yang berlangsung selama 7 hari, dimulai pada tanggal 26 Mei hingga 1 Juni 2024. Dimulai dengan Opening Ceremony dan langsung dilanjutkan dengan Forum Musyawarah Sidang Pleno.

Diawali dengan pembacaan doa, dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars UNIKOM, yang diikuti oleh seluruh peserta dengan khidmat, Senin, 27 Mei 2024, bertempat di Auditorium Lantai 17 Smart Building UNIKOM, agenda kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNIKOM, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra.,S.E..,M.Si. Dalam sambutan pembukanya, Prof. Umi mengucapkan selamat datang dan menyambut hangat hadirnya perwakilan BEM seluruh Indonesia di kampus UNIKOM. Pada akhir amanatnya, Prof. Umi menyampaikan kebanggaannya BEM UNIKOM dapat menjadi tuan rumah MUNAS BEM SI tahun ini. Ia berpesan kepada pengurus BEM seluruh Indonesia, agar dapat menjaga sikap dan perilaku di dalam menyampaikan aspirasi suara rakyat.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Hj. Atalia Praratya, S.Ip., M.I.Kom., juga berkesempatan memberikan sambutannya, dilanjutkan sambutan dari Direktur Kemahasiswaan UNIKOM, Andrias Darmayadi, S.Ip., M.Si., Ph.D., Presma UNIKOM, Arief Tegar Prawira, dan  Koordinator BEM SI pusat, Ahmad Nurhadi.

Muhammad Esa Mahardika, selaku Ketua Pelaksana, melaporkan, kegiatan MUNAS yang dihadiri lebih dari 300 BEM kampus seluruh Indonesia tersebut terselenggara atas kerjasama BEM UNIKOM dengan BEM SI Koordinator Wilayah Jawa Barat. MUNAS BEM SI menjadi sebuah agenda yang bisa membentuk citra dan semangat baru dalam orientasi pergerakan dan pengembangan mahasiswa di Indonesia. Agenda MUNAS BEM SI ke XVII tahun ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar BEM se-Indonesia, mengevaluasi kinerja selama satu tahun, menetapkan struktural kepengurusan, serta menampung dan mengelola gagasan intelektual mahasiswa yang disalurkan melalui BEM seluruh Indonesia. Ia berharap, “dalam acara seminggu ini yang di akhiri dengan field trip juga diharapkan menjadi sebuah ajang mengenalkan Bandung kepada mahasiswa se-Indonesia yang akhirnya akan meninggalkan kesan manis dihati. Semoga dengan adanya agenda ini bisa menjadi kisah manis baru baik untuk UNIKOM, Bandung, dan seluruh Indonesia”, pungkas Dika.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat universitas. Karena organisasi ini berada di tingkat universitas, maka para pengurus dan anggotanya pun berasal dari fakultas yang berbeda-beda. Pada umumnya BEM dipimpin oleh seorang Ketua dan Wakil Ketua, dimana di dalam melaksanakan program-program kerjanya dibantu oleh beberapa departemen atau kementerian. Adapun fungsi adanya BEM di suatu kampus antara lain, sebagai lembaga tinggi mahasiswa yang akan mengakomodir seluruh kepentingan mahasiswa di kampus, sebagai agent of change dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagai social control dalam melihat setiap kebijakan baik dalam lembaga kampus maupun dalam pemerintahan, membangun sinergitas dengan seluruh ormawa di kampus, dan sebagai fasilitator dalam menjaring aspirasi mahasiswa. (Direktorat Hms & Pro).